Jangan Sembarangan Beli Tanah, Perhatikan 4 Hal Ini Kalau Mau Untung

Minggu, 16 Mei 2021 12:31
Jangan Sembarangan Beli Tanah, Perhatikan 4 Hal Ini Kalau Mau Untung
Jual tanah. (Ilustrasi: RUMAHPRO)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pandangan umum bahwa beli tanah itu investasi. Padahal faktanya tidak selalu begitu. Jika nilai tanah semakin naik, maka itu investasi. Namun jika nilai atau harga jual tanah itu menurun, itu mah bukan investasi namanya.

(Informasi lainnya terkait investasi dapat dilihat di FINANCE).

Advertisement

Memang sejauh ini membeli tanah menjanjikan keuntungan. Namun, tetap ada pertimbangan matang yang perlu diambil untuk membeli tanah. Sebab, jika salah, malah bukan keuntungan yang didapat.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi ke tanah, sebagaimana dilansir dari Akurat.co:

Baca: Penertiban Reklame Ilegal akan Percantik Pekanbaru

Penting Perhatikan Lokasi Tanah

BACA JUGA:  Konsultasi Publik Tol Rengat-Jambi Kelar, Ini Tahapan Selanjutnya

Agar harga tanah bisa tinggi, maka lokasi tanah tersebut menjadi penentu utama. Untuk itu, ketahuilah potensi daerah tanah nantinya, apakah nanti menjadi kawasan industri, komersil atau pemukiman.

Selain itu, bisa juga dengan cara mencari informasi baik melalui penelurusan internet hingga menanyakan langsung ke warga-warga sekitar, apakah daerah sekitar tanah yang diincar tersebut ada rencana pembangunan dari pemerintah atau swasta. 

Faktor ini penting karena hal seperti ini yang akan memengaruhi harga tanah tersebut.

Penting Perhatikan Kelengkapan Surat Menyurat

Hal terpenting sebelum membeli tanah adalah memastikan bahwa sertifikat dan legalitas tanah tersebut masih lengkap. Untuk mengetahuinya, bisa melakukan validasi melalui notaris ataupun pejabat agar tanah yang akan dibeli tidak menimbulkan masalah di masa depan.

Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari kerugian akibat pembelian tanah sengketa, tanah wakaf, ataupun tanah yang terkena penggusuran.

Penting Perhatikan Area Tanah

BACA JUGA:  Konsultasi Publik Tol Rengat-Jambi Kelar, Ini Tahapan Selanjutnya

Selain lokasi, kondisi tanah juga penting untuk diperhatikan, baik dari segi ukuran dan bentuk, atau kenyamanan sekitar tanah. Misalnya kontur tanah berbatu tentu akan mempengaruhi pembangunan di masa mendatang. Sebab, ada biaya ekstra untuk mengeruk dan menghancurkan batu tersebut.

Jangan lupa, kenyamanan lingkungan juga penting dalam kualitas tanah tersebut. Misalnya lokasi tanah tidak rawan banjir, longsor atau dekat area pemakaman.

Penting Perhatikan Akses ke Jalan Utama

Hal lain yang tak kalah pentingnya saat berinvestasi tanah adalah lokasi. Cek apakah lokasinya mudah dilalui oleh kendaraan, khususnya mobil agar memberikan nilai tambah.

Adanya akses jalan yang bagus akan memudahkan pemilik tanah terhadap keluar masuk. Tak hanya itu, juga dapat menunjang kegiatan bisnis karena dapat memudahkan proses distribusi barang. Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi tanah tersebut. (bpc2)