Ini Cara Mengatur Keuangan dan Investasi di Tengah Pandemi

Jumat, 06 November 2020 14:32
Ini Cara Mengatur Keuangan dan Investasi di Tengah Pandemi
Tips mengatur keuangan di tengan pandemi.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kondisi keuangan berantakan akibat pandemi Covid-19? Wajar. Hampir semua orang kini mengalami itu. Meski demikian jangan sampai masalah ini menggerus tabungan kita ya. Di tengah kondisi Covid-19 seperti ini, harusnya membuat kita lebih bijak dalam mengatur keuangan di tengah pandemi.

Melansir dari Instagram @idx_riau, kalau pandemi ini membuat dana darurat kamu terpakai dan nggak bisa nabung, itu tandanya kamu belum punya cash flow yang baik. Lalu bagaimana cara mengatur cash flow yang baik?

Advertisement

Teknisnya banyak. Bisa saja dana daruratnya dititipkan dulu di Reksa Dana Pasar Uang. Jadi dana darurat kamu bisa makin bertambah. Yang terpenting, kamu nggak boleh gengsi.

Kerjakan apapun yang bisa menghasilkan pemasukan. Misalnya dagang, dan lain-lain. Intinya bagaimana uang kamu bisa berputar dan bertambah.

Baca: Tak Ada Lagi Kenaikan Gaji PNS Tahun 2013, Meski BBM Subsidi Dinaikkan

Lalu, ketika kamu punya pemasukan, apa yang harus dilakukan? Alokasinya simpel sekali. Kita bisa pakai cara living, saving, dan playing seperti sebelumnya. 

Yang jelas, kami harus memastikan kalau kamu tetap punya dana darurat. Lalu, investasi. Dengan investasi sama saja kita menghidupkan industri agar tetap berjalan dan terus berkembang.

Kemudian, jangan lupa dibelanjakan sebagian. Karena dengan berbelanja, sama dengan kita menjadi bagian dalam menggerakkan perekonomian, asal dilakukan dengan cara bijaksana. Kalau bisa jangan kredit dulu, dan beli lah produk lokal. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 05 Desember 2020 17:22

Timnas U-16 Kembali TC di Sleman

#TIMNAS

Sabtu, 05 Desember 2020 15:32

Survei UI: Lulusan SMA Lebih Banyak Percaya Bahwa Covid-19 Konspirasi Elit Global

#konspirasi #covid #corona #survei #eliteglobal

Sabtu, 05 Desember 2020 14:01

Tahukah Kamu, Apa Kerajaan Islam Pertama di Riau?

#RIAU

Sabtu, 05 Desember 2020 12:32

Pemprov Riau Harusnya Konsentrasi pada Perbaikan Pertanian

#pangan #beras #gabah #ketahananpangan #riau