HUT RI Ke-75, BI Serahkan Secara Simbolis Uang Pecahan Rp75.000 Kepada Gubri

Senin, 17 Agustus 2020 17:01
HUT RI Ke-75, BI Serahkan Secara Simbolis Uang Pecahan Rp75.000 Kepada Gubri

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bank Indonesia (BI) Kantor Pewakila  Riau, menyerahkan rupiah pecahan Rp75.000 kepada Gubernur Riau Syamsuar, di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin, 17 Agustus 2020.

Peluncuran uang nominal Rp 75.000 ini bertepatan pada hari kemerdekaan RI ke 75, yang telah berlangsung tadi pagi secara virtual. Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau, Decymus yang menyerahkan langsung uang tersebut.

Advertisement

Berdasarkan amanah Gubernur Bank Indonesia, Decymus menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang selalu mendukung serta kerja sama dengan baik bersama Bank Indonesia untuk memajukan Riau.

“Menandai peringatan HUT ke 75, dalam bentuk peluncuran uang peringatan kemerdekaan (UPK) Republik Indonesia  dilakukan oleh BI,” kata Kepala BI Kantor Perwakilan Riau Decymus.

Baca: Jokowi Akan Gaji Pekerja Swasta Berpenghasilan di Bawah Rp5 Juta

UPK ini bentuknya berupa koin dan kertas, biasanya BI mengeluarkannya dalam bentuk koin namun kali ini peluncuran UPK bentuk uang kertas.

“Biasanya peluncuran uang khusus ini dilakukan seperti khususnya ulang tahun negara, atau karena ada peristiwa sejarah yang penting atau kegiatan olahraga yang berskala internasional,” jelasnya

Kata Decymus, BI pernah meluncur uang khusus seperti ini tercatat dalam sejarah sudah tigakali peluncuran uang  rupiah pecahan khusus pernah dicetak diantaranya, pertama, untuk peringatan kemerdekaan ke-25 pada 1970, kedua, kemerdekaan ke-45 pada 1990, dan ketiga, kemerdekaan ke-50 pada 1995. “Dan ini peluncuran uang khusus yang keempat,” ujarnya.

Selanjutnya, dia menuturkan yang melatarbelakangi pembuatan uang khusus ini sebagai wujud rasa syukur atas peringatan kemerdekaan RI ke 75. “Serta pencapaian pembangunan di negara Indonesia yang bisa dirasakan hingga saat ini dan  memperkuat kedaulatan negara,” pungkasnya. (bpc2)