Emas Perhiasan Penyumbang Inflasi Tertinggi di Riau

Kamis, 03 September 2020 09:37
Emas Perhiasan Penyumbang Inflasi Tertinggi di Riau

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat emas perhiasan menjadi komoditi penyumbang inflasi tertinggi di Riau pada Agustus 2020.

Kepala BPS Riau Misparuddin menjelaskan, berdasarkan inflasi gabungan tiga kota, Riau mengalami inflasi sebesar 0,05%. Angka ini pun tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka inflasi pada bulan lalu, deflasi 0,24%.

Advertisement

“Inflasi Riau pada Agustusan 2020 lebih banyak disumbangkan oleh kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya,” ujarnya, Kamis, 3 Agustus 2020.

Dijelaskan, komoditi penyumbang inflasi tertinggi adalah emas perhiasan, minyak goreng, cabai merah, tarif sekolah dasar, beras dab rokok putih.

Baca: Pilkada Serentak di Riau Tidak Berdampak Pada Pasar Saham Domestik

Berdasarkan urutan inflasi kota-kota di Sumatera, kota-kota di Provinsi Riau, seperti Pekanbaru urutan ke-10, Tembilahan berada pada urutan ke18, dan Dumai urutan ke-19. Sedangkan berdasarkan urutan inflasi dari 90 kota di Indonesia, Pekanbaru urutan ke-24, Tembilahan berada pada urutan ke-39 dan Dumai urutan ke-47. (bpc2)