BI Riau Dorong Transaksi UMKM dengan QRIS Sebagai Wujud Digitalisasi Ekonomi

Minggu, 28 Februari 2021 11:30
BI Riau Dorong Transaksi UMKM dengan QRIS Sebagai Wujud Digitalisasi Ekonomi
Kantor Bank Indonesia Perwakilan Riau Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, Riau

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bank Indonesia mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah UMKM di Riau untuk menggunakan QRIS sebagai sarana transaksi. Dorongan ini dalam rangka untuk mewujudkan digitalisasi ekonomi di Provinsi Riau.

Deputi Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Riau Teguh Setiadi mengungkapkan, program digitalisasi ekonomi di UMKM akan lebih dimaksimalkan pada tahun 2021. 

Advertisement

“BI dorong digitalisasi perekonomian UMKM. Kalau memang sudah ada kafe sudah QRIS, bagus. Digitalisasi ekonomi sangat penting bagi UMKM untuk mereka bisa bangkit,” ungkapnya, Minggu, 28 Februari 2021.

Dia menambahkan, dorongan UMKM untuk digitalisasi diharapkan agar sektor usaha ini bisa naik kelas, dan meningkatkan pendapatannya. 

Baca: Jadi Pembicara di IDC 2019, Mochtar Riady Sebut Teknologi Digital Bukan Hal Baru

BACA JUGA:  Bantuan Modal Lewat Mata-UMKM Belum Maksimal Tersosialisasi

“Kalau sebelumnya mereka cuma bisa bikin makanan, dengan digitalisasi produksi mereka sudah lebih dari itu. Digitalisasi ekonomi juga akan meningkatkan inklusi keuangan pelaku UMKM,” tambahnya.

Teguh Setiadi mengungkapkan, sektor UMKM selama ini telah berkontribusi sekitar 50% terhadap PDRB. Sedangkan dari sektor tenaga kerja, sektor UMKM telah berkontribusi sehingga 90%.

“Namun di lapangan masih kita temui ada banyak UMKM yang tidak formal. Ini harus menjadi perhatian kita bersama. Dengan digitalisasi diharapkan mereka bisa menikmati layanan keuangan yang tersedia saat ini.

Secara nasional, Teguh Setiadi menyebutkan, untuk tahun 2021 BI menargetkan 12 juta merchant pengguna QRIS. (bpc2)