Asuransi Nelayan di Riau Kena Imbas Akibat COVID-19

Jumat, 03 Juli 2020 17:13
Asuransi Nelayan di Riau Kena Imbas Akibat COVID-19

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Jatah asuransi untuk para nelayan di Riau terkena imbas dampak COVID-19. Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, tahun 2020 penambahan jumlah nelayan penerima asuransi ditiadakan.

“Tahun ini tidak ada penambahan jumlah nelayan penerima asuransi. Sebab pemerintah pusat juga melakukan rasionalisasi anggaran dan alihkan kepada penanganan COVID-19,” kata Kepala DKP Riau Herman Mahmud kepada bertuahpos.com, Jumat, 03 Juli 2020.

Advertisement

Dia menambahkan, tercatat sejak 2016-2019 total jumlah nelayan di Riau yang sudah terdaftar dalam penerimaan asuransi sekitar 23 ribuan nelayan. Artinya untuk 2020 belum ada penambahan.

Sejauh ini proses klaim juga sudah berjalan sesuai dengan ketentuan berlaku. Namun data secara rinci masih berada di kabupaten dan kota masing-masing.

Baca: Harga Minyak Bangkit dari Titik Terendah Dalam 4 Tahun

“Sejauh ini, ada perbedaan terutama terlihat dari tingkat kepercayaan diri nelayan sehingga juga pastinya berpengaruh terhadap naiknya jumlah produksi perikanan tangkap. Kami berharap tahun-tahun berikutnya Riau masih dapat jatah untuk penambahan asuransi Nelayan,” ungkapnya. (bpc3)