Trik Jitu Jualan Pakai Sosmed Ala BM Toko Kue L’Cheese Factory

Jumat, 28 Februari 2020 10:31

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Teknologi digital tak bisa diabaikan. Alangkah baiknya digital dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk keperluan promosi dan pemasaran. Itulah yang seharusnya dilakukan oleh UMKM di manapun berada. Di Riau khususnya. Tonton Video Lengkapnya.

“Produk UMKM itu sebenarnya sudah keren-keren. Tinggal bagaimana mereka bisa melihat dimana potensi pasar yang besar,” kaya Branch Manager Toko Kue L’Cheese Factory, Barumun Nanda Aditya di Pekanbaru kepada bertuahpos.com.

Nanda menilai, UMKM bisa memanfaatkan marketplace untuk menunjang agar produk-produk mereka lebih banyak dikenal orang. Intinya UMKM sudah diajak untuk go digital.

Lantas, kenapa UMKM harus memanfaatkan dunia digital? Dia menjelaskan banjir informasi di dunia digital membuat orang akan selalu memanfaatkan digital untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap informasi.

Baca: Pemko Pekanbaru Tetap Bikin Acara di Hotel

Kondisi ini, menurut Nanda, UMKM harus be your self. “Jadilah diri Anda untuk menemukan nilai jual dari produk yang Anda produksi. Memang UMKM itu banyak produk yang mirip. Tapi kalau value digali terus menerus maka akan muncul ciri khas mereka,” sebutnya.

Chiri khas itu, kata Nanda, akan menjadi daya tarik dan daya jual tersendiri bagi produk UMKM. Dia menyontohkan produk yang di hasilkan adalah kue talam, tapi harus ditonjolkan hal lain.

“Misalnya kue talam resep keluarga dari Siak. Itukan sudah spesifik sekali. Artinya hanya mereka yang pakai itu. Produk lain walaupun sama tapi tidak punya ciri khas. Sehingga di berbagak arus informasi, produk ini bisa nongol sendiri. Karena, ya cuma dia sendiri yang seperti itu. Itulah yang saya maksud value,” sebutnya.

“Menurut saya, kelemahan UMKM itu hanya kurang percaya diri, padahal dia keren. Kedua, keramahan, karena itu penting. Hanya di UMKM customer bisa bertemu langsung dengan owner, kalau di korporasi nggak bisa begitu. Makanya harus ramah sebagai bentuk pelayanan,” sebutnya. (bpc3)