Pengusaha Mobil Rental Panen Raya Jelang Lebaran

Kamis, 24 Juli 2014 16:06

Citizen report oleh Hermansyah Rahim (hermansyach9@gmail.com)

BERTUAHPOS.COM, BAGANBATU – Idul Fitri 1453 H yang tinggal empat hari lagi, menjadikan pengusaha mobil rental panen raya. Pasalnya permintaan mobil di Bagan Batu Kota atau Bagan Sinembah  sangat tinggi.

“Memang kenaikan sangat tinggi dimulai dari H-7 ini, saat ini kenaikan telah mencapai 70 persen, dan saat ini semua mobil rental saya telah habis disewa masyarakat yang ingin berlebaran,” kata Acay, salah satu pengusaha mobil rental kepada Bertuahpos.com, Kamis (24/7/2014) di Bagan Batu Kota, Bagan Sinembah, Rokan Hilir.

Dijelaskan, untuk tarif sewa mobil per unitnya dalam satu hari bervariasi. Untuk jenis mobil Avanza misalnya, tarif Rp 450-500 ribu per hari, sedangkan pada hari biasa hanya Rp 300 ribu per hari. Untuk jenis mobil Innova dari hari biasa Rp 350 ribu naik menjadi Rp 600 ribu perhari dan itu pembayaran harus dibayar di depan.

Baca: September, PLTG Sungai Rawa Diuji Coba

“Mobil saya ada 4 avanza dan 2 innova, semuanya telah dibooking, jauh sebelum Lebaran tiba. Memang keuntungan usaha mobil rental paling tinggi jatuh pada saat hari besar kegaamaan seperti ini dan juga perayaan Tahun Baru,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Achong, pemilik mobil rental lainnya. Puncak pemesanan mobil akan terjadi pada H-7, (Senin 21 Juli-red), di mana peningkatannya bisa mencapai 80 persen. Hingga saat ini, sudah belasan mobilnya yang jalan atau yang sudah dicarter penumpang dengan berbagai macam tujuan.

“Peningkatan bisa mencapai 80 persen seminggu jelang lebaran ini. Saat ini peningkatan sangat terasa dan ini memang sudah kami prediksi setiap tahunnya. Untuk tarif Rp 500 ribu sehari. Konsumen bisa memilih jenis mobil yang mereka inginkan, mulai dari Avanza, Xenia, Kijang Kapsul, dan Innova, serta masih banyak lainnya,” tukasnya. (*)