Pemprov Riau Minta Pemko Dumai Segera Realisasikan Fasilitas Pendukung RoRo Dumai-Malaka

Senin, 24 Februari 2020 08:20

BERTUAHPOS.COM – Pemprov Riau meminta Pemko Dumai Segera merealisasikan fasilitas pendukung RoRo Dumai-Malaka.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, M. Taufiq OH mengatakan penyelesaian fasilitas pendukung terhadap realisasi RoRo Dumai-Malaka memang harus dilakukan secara kolektif.

Dengan kata lain, Pemprov Riau bertanggungjawab menyelesaikan kapasitas pelabuhan sedangkan Pemko Dumai bertanggungjawab untuk menyelesaikan fasilitasi pendukung di sektor darat. “Disupport oleh kementerian terkait dan provinsi juga,” kaya Taufiq OH, Minggu, 23 Februari 2020.

Dia menambahkan, soal pembagian tugas ini sudah dibahas dan sudah diputuskan dalam pertemuan sebelumnya. Apalagi penyelesaian fasilitas pendukung ini, baik dari sisi pelabuhan dan sisi darat harus di selesaikan sebelum akhir tahun ini.

Baca: Proyek Rel Kereta Api Trase Dumai-Bukit Kapur Tak Masuk PSN, Ganti Rugi Lahan Terkendala

“Dari pihak kementerian juga sudah menyatakan dukungannya untuk menyelesaikan masalah ini,” sambung Taufiq OH.

Dikatakannya, baik Pemprov Riau dengan kementerian terkait hingga kini masih intens melakukan pertemuan dan komunikasi terhadap kendala-kendala apa saja yang dihadapi.

Untuk diketahui, saat ini kapasitas pelabuhan Sri Junjungan, Dumai yang nantinya akan dipakai untuk kepala RoRo Dumai-Malaka bersandar berkapasitas 400 GT. Tugas Pemprov Riau akan meningkatkan kapasitas itu menjadi (minimal) 1.500 GT. (bpc3)