Pelaku Usaha Kecil di Riau Diharapkan Jadi Agen dalam Disiplin Protokol Kesehatan

Senin, 25 Januari 2021 17:50
Pelaku Usaha Kecil di Riau Diharapkan Jadi Agen dalam Disiplin Protokol Kesehatan
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau Hadi Penandio. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Para pelaku usaha kecil di Riau diharapkan menjadi agen pemerintah dalam mendorong konsumen agar selalu taat pada protokol kesehatan. Langkah ini dianggap penting mengingat para pelaku usaha lebih dominan berinteraksi dengan masyarakat.

Dorongan ini datang dari Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau Hadi Penandio, Senin, 25 Januari 2021, saat berbincang dengan bertuahpos.com.

Advertisement

“Kami berharap pelaku usaha bisa mengambil peran itu (sebagai agen pemerintah dalam pendisiplinan protokol kesehatan masyarakat). Kami kan tak mungkin sepanjang waktu tongkrongin orang-orang di sana kan,” kata Hadi Penandio.

Dia menambahkan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan selama ini menunjukkan bahwa memang ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan. Terutama dalam hal mengenakan masker saat mereka berada di luar rumah.

BACA JUGA:  Jubir Covid-19 Riau: Mohon Prioritaskan Protokol Kesehatan di Pilkada Riau 2020

Baca: Nam Air Paling Cepat Mengudara di Oktober

“Evaluasi kita dari hasil laporan setiap kegiatan yustisi yang dilakukan selama ini, memang kepedulian masyarakat (terhadap protokol kesehatan) cenderung ada peningkatan. Namun demikian tetap ada masyarakat yang bersikap sebaliknya,” tuturnya.

Menurut Hadi Penandio, banyak pihak harus menyadari bahwa upaya mengubah perilaku untuk disiplin terhadap protokol kesehatan bukan lah pekerjaan yang mudah. Dia mengakui, hal itu tidak hanya di lingkungan publik, bahkan di internal pemerintah.

Oleh sebab itu, upaya pendisiplinan protokol kesehatan harus dilakukan secara berkala dan membutuhkan waktu lama, sampai masyarakat benar-benar sadar bahwa protokol kesehatan merupakan bagian penting dalam sosial kemasyarakatan di tengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  GM Hotel Pangeran Pekanbaru: Pemerintah Harus Tetap Perhatikan ‘Keseimbangan’ Bisnis dan Kesehatan

“Penegakan yustisi protokol kesehatan yang selama ini kami lakukan bersama aparat terkait lainnya, bukan berbicara bagaimana kita menghukum orang. Tapi, bagaimana mereka sadar. Dan diharapkan pada titik tertentu nanti, tanpa harus ada aparan masyarakat dengan sendirinya sadar, bahwa protokol kesehatan itu adalah bagian dari kebiasaan, sehingga bisa mengingatkan orang lain,” sebut Hadi Penandio

Menurut pandangannya, hal ini bisa dimulai dari pelaku usaha kecil untuk mengambil peran ikut mendorong masyarakat agar mentaati protokol kesehatan. Sebab selama ini, mereka telah menyediakan tempat cuci tangan, cek suhu dan mewajibkan pengunjung untuk menggunakan masker. “Kedepan kami berharap itu lebih ketat lagi diberlakukan,” sebutnya. (bpc2)

Berita Terkini

Minggu, 07 Maret 2021 23:05

The Magic of Thinking Success, Terjual Lebih Dari 30 Juta Eksemplar

Buku Laris Internasional, Sangat Rekomendasi

Minggu, 07 Maret 2021 17:38

Kasus Mafia Vaksin Covid-19 Palsu Dunia Terbongkar

Polisi menangkap empat tersangka.

Minggu, 07 Maret 2021 16:30

KPAI Sebut Banyak Siswa Putus Sekolah Akibat Pandemi Covid-19

“Secara data KPAI ada dua siswa yang meninggal selama semester genap tahun ajaran 2020/2021.”

Minggu, 07 Maret 2021 15:34

113 Izin Alih Fungsi Blok Rokan Dikebut Jelang Agustus 2021

Jelang alih kelola Blok Rokan

Minggu, 07 Maret 2021 15:03

The Magic of Thinking Big, Buku Terbaik Sepanjang Masa

Buku Terbaik Sepanjang Masa, Rekomendasi

Minggu, 07 Maret 2021 14:53

Noto Soeroto, Anomali Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Dalam konsep pikiran Noto, yang harus dicapai adalah Kerajaan Belanda Raya, dengan negara induk (Belanda) dan koloni-koloninya membentuk politik kolonial ideal

Minggu, 07 Maret 2021 14:32

BSI Dorong UMKM di Riau Melek QRIS, Transaksi Digital Bakal Jadi Gaya Hidup

Transaksi digital dengan QRIS

Minggu, 07 Maret 2021 12:30

Pandangan Rocky Gerung Bagaimana Elektabilitas AHY Bangkit Usai ‘Kudeta’

“Saya kira justru itu akan menaikkan simpati pada AHY.”