Orang Sukses Tak Pernah Bawa Ponsel saat Rapat.

Senin, 30 Desember 2013 10:19

BERTUAHPOS.COM, New York : Apakah Anda termasuk ke dalam pegawai yang sering membalas pesat atau menerima telepon seluler (ponsel) saat sedang rapat? Baru-baru ini, penelitian terkini dari Marshall School of Business Universty of Southern California membuktikan bahwa tindakan tersebut bisa membuat atasan atau rekan Anda merasa jengkel.

Seperti dikutip dari Forbes, Senin (30/12/2013), para peneliti dari kampus tersebut melibatkan 554 pekerja profesional yang memiliki pendapatan di atas US$ 30 ribu atau setara Rp 367,8 juta per tahun (kurs: Rp 12.261 per dolar AS). Dalam penelitian tersebut, para peserta diberikan pertanyaan tentang penggunaan ponsel dalam rapat formal dan informal.

Selain itu, para partisipan juga diberi pertanyaan mengenai kebiasaan mengangkat telepon, membaca pesan pendek (SMS), atau mengakses internet saat sedang rapat. Hasilnya, sebanyak 86% partisipan beranggapan, menerima telepon di tengah rapat merupakan tindakan yang tidak pantas.

Selain itu, sebanyak 84% mengaku tidak menyukai orang-orang yang membalas SMS atau mengirim email saat rapat berlangsung.

Baca: Pedagang Lokal Masih Bertahan di Tengah Gempuran Ritel Asing.

Lantas, mengapa banyak orang sukses yang merasa penggunaan ponsel di tengah rapat merupakan tindakan yang tak pantas? Alasannya karena saat mengakses ponsel di tengah rapat, hal itu menunjukkan:

1. Rendahnya rasa menghargai

Saat mengecek pesan atau email di telepon genggam Anda, artinya informasi tersebut jauh lebih penting dibandingkan diskusi yang tengah dilakukan bersama peserta rapat. Dengan kata lain, Anda menganggap orang-orang di luar rapat tersebut jauh lebih penting dibandingkan direksi yang duduk di hadapan Anda.

2. Rendahnya perhatian Anda

Anda tak akan bisa fokus pada banyak hal dalam waktu bersamaan. Kemampuan melakukan berbagai pekerjaan di waktu yang sama hanyalah mitos belaka.

3. Tak mampu menyimak dengan baik

Dengan mengotak-atik telepon saat sedang rapat, Anda tidak menunjukkan kemampuan menyimak Anda. Padahal mendengarkan secara aktif sangat diperlukan agar Anda dapat berpikir dengan tepat dan benar.

4. Tak punya wibawa

Lebih memilih melihat telepon genggam yang berbunyi membuat Anda tampak tak memiliki wibawa dihadapan para peserta rapat yang lain.

Meski demikian, para pegawai yang berusia di bawah 40 tahun mengaku penggunaan ponsel saat rapat berlangsung merupakan hal yang wajar dan berterima. Namun, yang paling penting untuk berkomunikasi di tempat kerja adalah bersikap terbuka dan sopan pada orang lain. (Sis/Ndw/liputan6.com)