Dishub Pastikan Belum Ada Moda Transportasi Darat di Riau yang Kantongi Izin Operasi

Rabu, 27 Mei 2020 09:20
Dishub Pastikan Belum Ada Moda Transportasi Darat di Riau yang Kantongi Izin Operasi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, M. Taufiq OH memastikan sampai saat ini belum ada moda transportasi darat yang mengantongi izin operasional dari Kementerian Perhubungan.

Taufiq memperingatkan kepada pihak perusahaan transportasi darat untuk tidak melakukan tindakan ceroboh dengan berusaha mengelabui petugas, lalu melakukan kegiatan operasional seperti biasa dengan memanfaatkan momentum mudik balik Lebaran Idul Fitri.

Advertisement

“Kalau (yang dapat izin), ada tandanya dalam bentuk stiker khusus yang ditempel di kendaraan angkutan mereka,” katanya, Rabu, 27 Mei 2020 di Pekanbaru.

Dia menjabarkan, beberapa waktu lalu petugas dari Dinas Perhubungan Riau di lapangan menemukan adanya mobil yang menyangkut penumpang menggunakan stiker, seolah-olah mereka sudah mengantongi izin dari Kemenhub, namun setelah ditelusuri ternyata itu stiker paslu.

Baca: Fit and Proper Test Dirut BRK Berlangsung 13 Februari

“Akhirnya kami suruh lepas dan mereka tidak diperbolehkan beroperasi untuk angkut penumpang. Kami sangat memahami kondisi saat ini, tapi juga harus disadari bersama bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini berpotensi menyebabkan wabah di daerah lain,” jelasnya.

Selain itu, Taufik juga memastikan bahwa kegitan operasional bus atau angkutan umum di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru, hingga saat ini belum beroperasi. 

“Yang pasti sekarang terminal kita belum buka, dan belum ada perusahaan transportasi daerat di Riau yang mengantongi izin operasional kembali dari Kemenhub,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kondisi berbeda memang terjadi di Bandara SSK II Pekanbaru. “Di bandara sejauh ini ada pengecualian. Karena memang lebih terkontrol, dan protokol COVID-19 bisa dilaksanakan secara jelas,” sebut Taufiq. (bpc3)