COVID-19 : Perusahaan di Riau Didorong Rapid Test Karyawan

Kamis, 11 Juni 2020 15:02
COVID-19 : Perusahaan di Riau Didorong Rapid Test Karyawan
Gubernur Riau Syamsuar. (Foto: Melba / Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Para penggiat usaha di Provinsi Riau diminta aktif melakukan tes massal dengan medote rapid test terhadap karyawannya. Langkah ini dianggap perlu disegerakan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Provinsi Riau.

Dorongan ini langsung disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar. Dengan perusahaan melakukan tes massal kepada karyawannya diyakini cukup efektif untuk menekan penyebaran virus corona. “Ini (tes massal karyawan) juga bagian dari upaya bersama dalam menekan angka kasus COVID-19 di Riau. Kami harap para pelaku usaha di Riau memahami itu,” ungkapnya, Kamis, 11 Juni 2020.

Syamsuar sendiri mengaku bahwa dirinya sudah menandatangani sebuah surat — semacam surat edaran — untuk selanjutnya dikirimkan kepada perusahaan-perusahaan, agar sesegera mungkin melakukan tes massal dengan metode rapid test kepada karyawan mereka. Pemeriksaan kekebalan imun tubuh secara mandiri ini diharapkan bisa segera direalisasikan oleh pelaku usaha di Riau.

“Jadi, semua pimpinan perusahaan yang beroperasi di Riau memiliki kewajiban untuk melakukan rapid test karyawannya,” sambungnya. Selain itu, lanjut Gubri, Pemprov Riau juga akan melakukan pemeriksaan secara masif terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan dilakukan swab. Kemudian, Pemprov Riau juga sedang mempersiapkan program lainnya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Baca: Bangun Pabrik, Ternyata PT RAPP Ajukan 1.500 Naker Asal Tiongkok

“Kita juga siapkan program lain, mudah-mudahan bdisepakati oleh semua gugus tugas. Kemungkinan kita akan melakukan pengecekan secara ketat terhadap oramg yang datang ke Riau.  Terutama yang tidak memiliki surat keterangan sehat sesuai dengan yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkapnya. (bpc3)