Wartawan Reuters Tewas Saat Liputan Baku Tembak Afganistan – Taliban

Sabtu, 17 Juli 2021 08:12
Wartawan Reuters Tewas Saat Liputan Baku Tembak Afganistan – Taliban

BERTUAHPOS.COM — Seorang wartawan Reuters Danish Siddiqui dan seorang perwira senior Afghanistan tewas dalam baku tembak antara pasukan khusus Afghanistan dan Taliban di Spin Boldak, Jumat, 16 Juli 2021, dekat perbatasan Pakistan.

Siddiqui ditugaskan meliput pertempuran antara pasukan Afghanistan dan Taliban, sejak awal pekan ini. Siddiqui berada di medan tempur bersama dengan pasukan khusus Afghanistan, yang berbasis di provinsi selatan Kandahar.

“Kami segera mencari lebih banyak informasi, bekerja sama dengan pihak berwenang di kawasan itu. Danish adalah jurnalis yang luar biasa, dia adalah suami dan ayah yang setia, dan kolega yang sangat dicintai,” kata Presiden Reuters Michael Friedenberg dan Pemimpin Redaksi Alessandra Galloni dalam sebuah pernyataan.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, mengatakan sangat sedih menerima laporan tentang kematian Siddiqui. Ghani menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Siddiqui.

Baca: Migrasi, Warga Pekanbaru Padati Kantor BSI

BACA JUGA:  Uni Eropa Diminta Stop Deportasi Pengungsi Afghanistan

Sebelumnya, Siddiqui mengatakan, dia  terluka di lengan oleh pecahan peluru, saat melaporkan bentrokan tersebut.  Dia sempat dirawat dan Taliban kemudian mundur dari pertempuran di Spin Boldak. 

Komandan Afghanistan mengatakan, Siddiqui telah berbicara dengan penjaga toko ketika Taliban kembali melakukan serangan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan, Taliban tidak mengetahui bahwa ada wartawan yang melaporkan secara langsung dari lokasi pertempuran. (bpc2)