TPID Award 2021, Pekanbaru Terbaik dalam Pengendalian Inflasi

Kamis, 16 September 2021 10:55
TPID Award 2021, Pekanbaru Terbaik dalam Pengendalian Inflasi
Walikota Pekanbaru Firdaus MT, saat memberikan sambutan usai menerima penghargaan TPID Award 2021.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru berhasil mendapat penghargaan terbaik dalam TPID Award 2021 atas penilaian kinerja untuk tahun 2020, pada Kamis, 16 September 2021.

Dengan demikian, Pekanbaru merupakan kota terbaik di Wilayah Sumatera dalam pengendalian inflasi daerah. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau Decymus menyebut faktor – faktor pendukung yakni ada tiga kriteria. Yaitu proses, output, dan outcome. 

Komponen – komponen penilaian ini mencerminkan langkah atau upaya bersama dalam pengendalian inflasi daerah yaitu koordinasi, kebijakan, dan akuntabilitas,” tutur Decymus.

Baca: Pemprov Harus Ekspansi Anggaran untuk Tekan Laju Inflasi Riau

Sedangkan untuk, komponen output, lanjut dia, merupakan penilaian khusus kepada program unggulan yang diusung dalam upaya pengendalian inflasi daerah berdasarkan framework 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif).

Sedangkan komponen outcome mencerminkan hasil kinerja TPID dalam melakukan pengendalian inflasi. Yaitu realisasi inflasi dan volatilitas inflasi.

Menurut Decymus, pada komponen proses, Pekanbaru pada tahun 2020 melakukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan sisi koordinasi, kebijakan, serta akuntabilitas. 

Dari sisi koordinasi, kegiatan High Level Meeting (HLM) TPID Pekanbaru hampir seluruhnya dihadiri wali kota. “Penyelenggaraan HLM sebanyak  sembilan kali sepanjang tahun 2020, di mana 90% dihadiri oleh walikota (8 HLM),” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus menyebut bahwa apa yang dicapai ini merupakan buah dari hasil kerja keras tim dalam upaya mengendalikan inflasi di Pekanbaru.

“Ini semua berkat kerja keras Tim TPID Pekanbaru, sekali lagi kami ucapkan terimakasih,” kata Walikota Pekanbaru Firdaus dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, dia menuturkan, bahwa bicara soal kesejahteraan masyarakat tentu tidak hanya diukur dengan pengendalian inflasi yang baik, tanpa dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kalau inflasi tinggi, pertumbuhan ekonomi tinggi, kita juga tak dapat apa-apa, apalagi kalau pertumbuhan ekonomi rendah sedang inflasi tinggi,” tuturnya.

Firdaus menambahkan, apa yang sudah dicapai oleh TPID Kota Pekanbaru, juga tidak lepas dari arahan dan dukungan TPID Provinsi Riau. “Terimakasih, karena semuanya sudah bekerja dengan sangat baik,” sambungnya.

Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan, pengendalian inflasi merupakan program nasional. Kota Pekanbaru dan Dumai, masuk dalam indikator pending dalam mengukur perekonomian daerah dan pengendalian inflasi.

“Selamat, kami ucapkan kepada TPID Pekanbaru yang mendapat penghargaan TPID Award 2021,” ungkapnya. (bpc2)