Syamsuar Wanti-wanti Melonjaknya Kasus Covid-19 di Riau saat Nataru 2022, Prokes Jangan Kendor

Selasa, 09 November 2021 18:02
Syamsuar Wanti-wanti Melonjaknya Kasus Covid-19 di Riau saat Nataru 2022, Prokes Jangan Kendor
Gubernur Riau Syamsuar

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mewanti-wanti potensi lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Riau saat libur natal dan tahun baru atau Nataru 2022. Sebab itu, dia berharap kepada semua pihak untuk terus mempertahankan kondisi yang sudah dicapai selama ini. 

“Saya berharap penurunan kasus ini bisa dipertahankan, terlebih saat ini kita juga tengah mewaspadai gelombang ketiga Covid-19,” kata Syamsuar, Selasa, 9 November 2021.

Dia menambahkan, Pemprov Riau sudah meminta dukungan dari Satgas Penanganan Covid-19 beserta Forkopimda untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi di akhir 2021.

Syamsuar menekankan pengontrolan yang ketat terhadap protokol kesehatan masyarakat menjadi hal paling menentukan dalam mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19 di Provinsi Riau.

Baca: Etnis Tionghoa di Inhil Batalkan Sembahyang Kubur Akibat Corona

“Sekali lagi saya ingatkan, untuk masyarakat jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan. Intinya jangan sampai ada lagi yang membawa virus masuk ke Riau, sehingga mengakibatkan jumlah kasus di Riau kembali melonjak,” tuturnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dokter Indra Yovi juga menekankan hal yang sama. Antisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Riau bisa ditekan dengan terus memperhatikan tingkat disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Saat lonjakan kasus di gelombang kedua dapat kita lihat bagaimana masyarakat sudah mulai longgar terhadap protokol kesehatan. Saya rasa ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Selama belum ada perintah untuk pelonggaran, masyarakat kami minta untuk tidak melonggarkan protokol kesehatan,” kata Yovi.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau dokter Wildan Asfan Hasibuan mengatakan bahwa banyak pakar telah memperkirakan Indonesia akan dihadapkan pada Covid-19 gelombang ketika pada akhir, atau awal tahun 2022. Salah satu hal yang paling diwanti-wanti yakni tingginya aktivitas masyarakat saat libur natal dan tahun baru (Nataru).

“Saya rasa ini perlu menjadi perhatian kita bersama di daerah. Bagaimana semua pihak harus bersiap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi, terutama terhadap adanya potensi penyebaran Covid-19 gelombang ketiga. Maka protokol kesehatan harus tetap menjadi senjata utama masyarakat,” sebutnya. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 09:35

Bimbingan Akademik di Luar Kampus, Ini Kata Unri

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Riau (Unri), Sujianto mengatakan pihaknya akan kesulitan mengontrol jika ada kejadian bimbingan akademik anatara dosen dan mahasiswa dilakukan di luar kampus.

Sabtu, 27 November 2021 08:43

Muncul Varian Botswana, Indonesia Tutup Penerbangan dari Afrika

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi masuknya Covid-19 B.1.1529 atau varian Botswana ke Indonesia.

Sabtu, 27 November 2021 06:29

Rangnick ke MU, Klopp: Bukan Kabar Baik Bagi Tim Lain

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan kedatangan Ralf Rangnick ke Manchester United (MU) bukanlah kabar baik bagi tim-tim Inggris yang lain.

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.