Syamsuar Sebut Sektor Sawit Paling Dominan Serap Tenaga Kerja di Riau

Jumat, 03 September 2021 10:01
Syamsuar Sebut Sektor Sawit Paling Dominan Serap Tenaga Kerja di Riau
Gubernur Riau Syamsuar (Istimewa / Diskominfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan perkebunan kelapa sawit merupakan sektor paling dominan dalam penyerapan tenaga kerja di Provinsi Riau.

Hal ini diungkapkan Syamsuar menghadiri kegiatan panen perdana program peremajaan kelapa sawit rakyat dan peresmian program santripreuner berbasis sawit di Provinsi Riau yang berlangsung secara virtual pada Kamis, 2 September 2021.

“Melihat potensi yang begitu besar, sektor kelapa sawit di Riau menjadi sektor yang sangat besar dalam menyerap lapangan kerja,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sektor kelapa sawit di Riau telah berkontribusi memperkuat ekonomi 823.026 kepala keluarga atau sekira 3,3 juta orang. Sebab itu, hingga kini perkebunan kelapa sawit masih menjadi primadona di provinsi ini.

Baca: Polisi Kanada: Penabrakan Keluarga Muslim Direncanakan

Menurut Syamsuar, di Riau sektor perkebunan telah menjadi unggulan dalam menopang ekonomi masyarakat bahkan di tengah kondisi Riau dihadapkan pada pandemi Covid-19.

Menurut data dari Dinas Perkebunan Provinsi Riau, hampir sepanjang tahun 2020, harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit di Riau tidak mengalami penurunan, justru cenderung naik.

“Bisa dilihat bahwasanya perkebunan ini salah satu sektor yang sangat unggul dalam menyumbang peningkatan ekonomi masyarakat yang cukup signifikan,” katanya.

Dari data badan karantina Riau, kinerja ekspor hingga Agustus 2021mencapai Rp22,37 triliun dan diperkirakan terus meningkat sampai dengan akhir tahun. Dari jumlah tersebut CPO dan turunan sawit lainnya berkontribusi hampir 30% hingga 35% dari nilai ekspor nasional. (bpc2)