Soal Vaksin yang Dijual Kimia Farma, Ini Penjelasan Kadiskes Pekanbaru

Selasa, 13 Juli 2021 05:31
Soal Vaksin yang Dijual Kimia Farma, Ini Penjelasan Kadiskes Pekanbaru
Plt Kadiskes Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra/bertuahpos.com

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra angkat bicara mengenai vaksin yang dijual oleh Kimia Farma.

Menurut Arnaldo, vaksin yang dijual oleh Kimia Farma tersebut tidak ditujukan untuk masyarakat umum, melainkan untuk perusahaan padat karya.

“Itu bukan buat kita (masyarakat umum), beda dengan vaksin pemerintah. Vaksin berbayar itu untuk pengusaha padat karya, misalnya PT RAPP, PT Surya Dumai, dan lainnya,” kata Arnaldo, Senin kemarin.

Untuk pemesanan dan distribusi vaksin tersebut, kata Arnaldo, bukanlah menjadi tanggung jawab Diskes. Menurut dia, vaksin tersebut didapatkan melalui Kamar Dagang Industri (Kadin).

Baca: Video: 168 Personel Dikerahkan untuk PPKM Level 4 di Pekanbaru

BACA JUGA:  Diskes Pekanbaru: Vaksinasi Kita Sudah 32 Persen

Nantinya, Kadin yang melakukan pendataan, dan data tetsebut diberikan ke Bio Farma pusat. Bio Farma kemudian menunjuk fasilitas kesehatan (faskes) yang akan melaksanakan vaksinasi.

“Artinya ada beberapa klinik dan rumah sakit yang ditunjuk oleh Bio Farma, bukan pegawai yang bayar tapi perusahaan yang bayar,” katanya.

Arnaldo juga memastikan bahwa vaksin yang dijual Kimia Farma tersebut tak ada bedanya dengan vaksin yang diberikan secara gratis kepada masyarakat.

“Sama, tak ada bedanya,” tegas dia. (bpc4)