Sekolah Dibuka, Pengamat Pendidikan Riau Ingatkan Prokes

Minggu, 13 Juni 2021 09:32
Sekolah Dibuka, Pengamat Pendidikan Riau Ingatkan Prokes

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pengamat pendidikan dari Universitas Riau, Afrianto Daud memberikan sejumlah catatan menjelang dibukanya sekolah pada 1 Juli 2021 nanti.

Daud meminta sekolah sudah harus menyiapkan perangkat dan fasilitas protokol kesehatan (prokes), seperti satgas Covid-19 di tingkat sekolah. Kemudian, perlengkapan perlindungan lain seperti pengukur suhu tubuh dan faceshield.

“Termasuk juga melakukan disinfektan ruangan (kelas) dan ssgala macam. Hal-hal yang bersifat prokes,” kata Daud kepada bertuahpos.com.

Catatan lain, kata Daud, dia meminta sekolah mengatur jadwal pembelajaran tatap muka dengan baik. Seperti yang telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, sekolah hanya diperbolehkan selama 2 jam.

Baca: IDI Laporkan Kasus Covid-19 di Luar Jawa yang Mulai Meroket

BACA JUGA:  Masa New Normal, Sekolah di Siak Akan Diterapkan Shift Pagi dan Sore

“Artinya, jangan sampai timbul klaster baru di sekolah,” kata dia.

Yang tak kalah pentingnya, tegas Daud, harus penegakan dan pelaksanaan prokes di sekolah harus konsisten. Artinya, harus terlaksana prokes dari awal dan seterusnya.

“Awal-awal kita patuh, tapi di tengah jalan lalai. Covid-19 ini, selama belum habis selalu ada kemungkinan kita kena. Jangan sampai semangat hanya di awal-awal,” tegas Daud. (bpc4)