Seiring Pengembangan Pembangunan, RSUD Arifin Achmad Kekurangan Air Bersih

Rabu, 06 Oktober 2021 11:57
Seiring Pengembangan Pembangunan, RSUD Arifin Achmad Kekurangan Air Bersih

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Seiring dengan pengembangan pembanunan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, ketersediaan air bersih menjadi salah satu kendala yang kini dihadapi atau kekurangan air bersih.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto saat pertemuan dengan perwakilan Kementerian PUPR pada 30 September 2021 lalu. 

“Jadi RSUD Arifin Achmad terus melakukan pengembangan bangunan. Nah, dengan pembangunan yang semakin luas ini membutuhkan air dalam jumlah banyak,” tuturnya. 

Dijelaskan pula, Pemprov Riau sudah mengantongi izin dari pemerintah pusat untuk membangun rumah sakit jantung, rumah sakit stroke, dan rumah sakit ibu dan anak. Sedangkan Riau hanya menyediakan alat atau fasilitas kesehatannya.

Baca: Amphuri Usahakan Booster 4 Merek Vaksin yang Disetujui Arab Saudi

“Artinya, rumah sakit membutuhkan air yang sangat besar. Kadang-kadang, kami masih dibantu PDAM pakai truk tangki. Kadang-kadang tangki truk bocor (di perjalanan), air tak sampai,” ucap Hariyanto.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Bertuahpos.com, benar bahwa rumah sakit milik Pemprov Riau itu, salah satunya mengandalkan PDAM untuk suplai air bersih. Namun sejauh ini, belum ada kendala berarti.

Sebelum berita ini ditayangkan, Bertuahpos.com sudah menghubungi Direktur Utama RSUD Arifin Achmad Nuzelly Husnedi melalui sambungan seluler pada, Rabu, 6 Oktober 2021, pukul 11.39.

Melalui sambungan tersebut diketahui panggilan yang dilakukan tersambung, namun tidak diangkat oleh Nuzelly Husnedi. (bpc2)