Satgas Covid-19 Riau: Kabupaten/Kota Jangan Tunggu Vaksin Habis Baru Minta

Selasa, 15 Juni 2021 10:40
Satgas Covid-19 Riau: Kabupaten/Kota Jangan Tunggu Vaksin Habis Baru Minta
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi. (Diskoinfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Satgas Penanganan Covid-19 Riau meminta agar pemerintah kabupaten/kota lebih agresif terkait capaian target realisasi vaksinasi.

“Jadi Pemda itu jangan tunggu vaksin habis baru minta. Agar kegiatan vaksinasi bisa berlangsung secara berkelanjutan untuk mencapai target vaksinasi yang telah ditentukan,” kata Jubir Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi.

Dia menambahkan, jika memang stok vaksin di daerah telah habis, sebelum itu Pemda sudah harus mengurus permohonan permintaan vaksin ke Provinsi Riau. Dengan demikian, ketersediaan stok vaksin di daerah tidak terputus.

Pemda cepat minta persediaan vaksin, kalau memang stok sudah mau habis. Sehingga provinsi bisa cepat sebarkan,” tambahnya.

Baca: Tradisi Merantau Orang Kuantan ke Semenanjung Malaya

BACA JUGA:  3 Ribu Lebih Napi Riau Dapat Remisi Idul Fitri

Menurut data yang dipaparkan Satgas Penanganan Covid-19, total sasaran vaksin di Riau sekitar 964 ribu, dimana yang menjadi sasaran prioritas vaksinasi adalah SDM kesehatan, SDM pelayanan publik dan orang lanjut usia atau lansia.

“Dari kelompok sasaran vaksinasi ini, realisasi terendah adalah kelompok Lansia yang baru terealisasi sekitar 6,7%. Ini sudah menjadi tugas kita bersama untuk mengejar terget itu. Artinya baru sekitar 18 Lansia di Riau yang sudah divaksin 2 kali dari 600 ribu lansia yang menjadi sasaran vaksinasi,” tuturnya. (R1)