Satgas Covid-19 Riau Belum Bisa Jawab Mengapa Jumlah Sampel Swab Turun

Senin, 14 Juni 2021 14:21
Satgas Covid-19 Riau Belum Bisa Jawab Mengapa Jumlah Sampel Swab Turun
Kegiatan swab. (istimewa)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi, belum bisa memberikan analisanya untuk menjawab mengapa jumlah sampel swab PCR di Riau dalam beberapa hari belakangan turun.

Namun, turunnya jumlah sampel swab PCR ini berdampak terhadap turunnya angka penyebaran kasus positif corona secara harian di Riau, yang dalam 4 hari belakangan rata – rata jumlah kasus positif harian turun dan melandai.

“4 hari sebelumnya sekitar 400 kasus harian, kemudian turun menjadi 300 kasus, dan melandai di angka itu,” tutur Indra Yovi dalam konferensi pers di Posko Satgas Covid-19 Riau, Pekanbaru, Senin, 14 Juni 2021.

Dijelaskannya, pada saat angka kasus terkonfirmasi harian di Riau tengah tinggi – tingginya jumlah sampel pemeriksaan PCR mencapai 2.000 lebih.

Baca: Kasus Terkonfirmasi Kembali Melonjak di Padang Panjang, Pemko Janji Tindak Tegas

BACA JUGA:  3 Ribu Lebih Napi Riau Dapat Remisi Idul Fitri

Namun saat kasus positif corona harian di Riau turun dalam 4 hari belakangan, jumlah sampel yang masuk bahkan di bawah 1.000. Diakuinya penurunan jumlah sampel yang diperiksa memang menurun drastis.

“Kami belum bisa memberikan analisa, apakah karena memang jumlah sampel yang diambil turun, atau bagaimana. Tapi kami tetap menegaskan kepada daerah agar testing tidak boleh berkurang,” terangnya. (bpc2)