Riau Siap Bantu Sumbar untuk Kebutuhan Oksigen

Jumat, 16 Juli 2021 21:02
Riau Siap Bantu Sumbar untuk Kebutuhan Oksigen
Tabung oksigen. (Ilustrasi/Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Riau siap memberikan bantuan suplai oksigen ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mengingat tidak adanya industri di Sumbar yang memproduksi oksigen.

“Saya disampaikan oleh Pangdam (yang memegang wilayah Riau, Sumbar, Kepri dan Sumut). Dia meminta agar Riau bisa membantu Sumbar terkait kebutuhan oksigen. Kami menyatakan siap untuk memberikan bantuan,” kata Syamsuar.

Dia menambahkan, sejumlah perusahaan di Riau juga sudah menyatakan kesiapan mereka untuk membantu suplai oksigen untuk penanganan pasien covid-19. Mengingat ketersediaan oksigen di Riau sejauh ini juga masih aman.

Sementara itu, di wilayah Sumbar juga tidak ada industri yang memproduksi oksigen. Oleh sebab itu, Syamsuar menyatakan siap, jika Sumbar meminta bantuan suplai oksigen ke Riau.

Baca: Siaga Karhutla, Mardianto Manan: Jangan Sampai Ada Dua Bencana, Covid-19 dan Asap

BACA JUGA:  Soal Pengadaan Software Bank Riau Kepri Rp4,7 M Diduga Tanpa Uji Petik, Syamsuar: Nanti Saya Tanya Dulu

“Oksigen yang ada di Riau ini, sebenarnya juga termasuk untuk kebutuhan Indonesia. Dari Riau beberapa waktu sebelumnya juga sudah ada dikirim ke Jawa dan Bali. Dari informasi yang kami dapat kebutuhan oksigen di Jawa dan Bali sampai 200 ton per harinya,” tuturnya.

Oleh sebab itu, kata Syamsuar, pemerintah pusat juga meminta kepada daerah agar memberikan bantuan oksigen kepada daerah – daerah yang membutuhkan, guna untuk penanganan covid-19. (bpc2)