Puluhan Kader Partai Ummat Mundur, Amien Rais Tak Gentar

Senin, 11 Oktober 2021 10:05
Puluhan Kader Partai Ummat Mundur, Amien Rais Tak Gentar
Ketua Majlis Syuro Partai Ummat Amien Rais (Foto: Warta Ekonomi)

BERTUAHPOS.COM — Meski ada puluhan kader Partai Ummat mengundurkan diri, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais gentar dan tak kaget. Baginya hal itu sangat biasa dalam politik.

“Jadi, saya dalam jam terbang pengalaman berpolitik, ini sesuatu yang biasa lah,” kata Amien dalam wawancaranya yang diunggah di kanal YouTube Karni Ilyas Club dikutip Senin 11 Oktober 2021.

Namun demikian, Amien Rais juga tidak menjawab secara gamblang soal alasan para kadernya yang mengundurkan diri. Amien mengklaim bahwa dirinya sangat mengenal anatomi para eks kader Partai Ummat yang mundur tersebut. “Kalau kasus Neno lain lagi, kalau Agung Mozin kita sudah memotret ya sudah,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Amien menyentil para anak buahnya di PAN. Ia mengklaim dikeroyok anak buahnya hingga hengkang dari PAN karena kerap mengkritik Presiden Joko Widodo.

Baca: JPRR: Jika Semua Pemilu Diborong ke 2024, Rakyat dan Pemilih Pemula Dirugikan

“Tapi saya garis bawahi mengapa saya dikeroyok oleh anak buah saya itu, yang karena pernah menjadi menko, menjadi menteri ini, menteri itu. Semuanya itu, itu karena saya dianggap pengganggu. ‘Mengapa sih nggak mendukung pak Jokowi. Pak Jokowi yang bisa memberikan cash and carry, jadi udahlah Pak Amien kita keroyok saja agar keluar’. Ya saya keluar betul,” ujarnya seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Selain itu, Amien juga ditanya oleh Karni Ilyas tentang sejumlah tokoh PAN dianggap satu barisan dengan Amien namun tidak masuk dalam kepengurusan Partai Ummat. Karni mencontohkan Mulfachri Harahap.

Merespons hal itu, Amien mengklaim bahwa kader-kader PAN di tingkat bawah telah terjadi eksodus. Namun, Amien mengatakan kalangan elite PAN yang kini tercatat sebagai anggota DPR masih akan menyelesaikan masa jabatannya lebih dahulu sebelum bergabung ke Partai Ummat.

“Saya kira juga manusiawi lah. Yang anggota DPR katanya ‘saya ingin menyelesaikan penugasan saya sebagai anggota DPR’. Baru nanti kalau suasana memungkinkan akan bergabung dengan Partai Ummat,” kata Amien. (bpc2)