Pulau Burung Diusulkan untuk Investasi Energi Terbarukan

Kamis, 29 Juli 2021 12:26
Pulau Burung Diusulkan untuk Investasi Energi Terbarukan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau mengusulkan Pulau Burung, Inhil untuk pengembangan investasi energi terbarukan yang sebelumnya proyek ini masuk dalam proyek strategis nasional dari Kementerian ESDM.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan tawaran dari Kementerian ESDM itu meminta lokasi untuk pengembangan energi terbarukan yakni wilayah yang dekat dengan Malaysia dan Singapura. “Pulau Burung itu dekat dengan Singapura,” kata Syamsuar, Kamis, 29 Juli 2021.

Dia menambahkan, selain Pulau Burung, daerah lain yang ditawarkan Pemprov Riau untuk proyek strategis nasional di sektor energi ini, yakni Pulau Rangsang, Pulau Rupat, dan Pulau Bengkalis. Mengingat lokasi ketiga pulau itu sangat dekat dengan Malaysia.

“Menteri ESDM meminta kita mempersiapkan daerah-daerah yang memungkinkan tersedianya energi terbarukan, untuk ekspor ke Malaysia dan Singapura,” katanya. 

Baca: Ratusan Peserta Ikuti Sayembara Video Klip Sutardji Calzoum Backri

Syamsuar menyebut bahwa pulau – pulau tersebut sudah ditawarkan ke pemerintah pusat. Pulau Burung sengaja masuk dalam daftar lokasi yang diusulkan mengingat jarak pulau itu ke Singapura hanya sekitar 113 KM. Sedangkan 3 pulau lainnya juga memiliki jarak yang dekat dengan Malaysia.

Dijelaskan, lokasi – lokasi ini nantinya akan ditawarkan ke investor untuk pengembangan energi terbarukan. Produksinya, kata Syamsuar juga untuk suplai kebutuhan energi di Malaysia dan Singapura.

Pemerintah pusat juga memberikan catatan kepada Pemda, agar harga dan proses pembebasan lahan tidak dipatok terlalu tinggi dalam rangka percepatan realisasi investasi energi terbarukan. (bpc2)