PPDB Online Riau Ditunda, Pengamat Pendidikan Minta Jangan Sampai Rugikan Siswa

Senin, 14 Juni 2021 14:14
PPDB Online Riau Ditunda, Pengamat Pendidikan Minta Jangan Sampai Rugikan Siswa

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pengamat pendidikan dari Universitas Riau, Afrianto Daud meminta penundaan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Riau tidak sampai merugikan siswa.

Menurut Afrianto, dalam perancanaan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, bisa saja ada yang tidak tepat sasaran atau meleset. Namun, dia meminta hal tersebut jangan sampai merugikan siswa.

“Penundaan karena hal teknis dan lain itu boleh saja. Tapi, jangan sampai merugikan siswa,” kata Daud kepada bertuahpos.com, Senin 14 Juni 2021.

Sebelumnya, PPDB online di Riau yang seharusnya dibuka hari ini, Senin 14 Juni 2021, ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca: Sudah Pasti Tak Lolos, Asisten Tae-yong: Kami Tetap Bekerja Keras

BACA JUGA:  Puluhan Mahasiswa Kembali Usung Poster Diduga Panglima Koruptor Riau ke Kejati

Hal itu terungkap dari surat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Zul Ikram tertanggal 13 Juni 2021.

Dalam surat yang ditujukan untuk kepala sekolah SMA/SMK-sederajat di Riau tersebut, Zul Ikram menyebutkan pelaksanaan PPDB harus ditunda karena terdapat kendala teknis yang harus diselesaikan.

“PPDB Online jenjang pendidikan SMA/SMK Negeri se-Provinsi Riau yang semula dilaksanakan mulai dari tanggal 14 s.d 21 Juni ditunda pelaksanaannya,” bunyi surat tersebut.

Diketahui, ada beberapa jalur pendaftaran untuk SMA yang bisa diambil masyarakat, seperti jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orangtua. Kemudian, untuk pendaftaran dilakukan secara online yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah. (bpc4)