Pelaksanaan Kurban di Desa Tanjung Barulak Libatkan Mahasiswa KKN dari UIN Suska Riau

Selasa, 20 Juli 2021 20:39
Pelaksanaan Kurban di Desa Tanjung Barulak Libatkan Mahasiswa KKN dari UIN Suska Riau

BERTUAHPOS.COM, PEKANNARU — Mahasiswa UIN Suska Riau yang tengah dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ikun serta membantu masyarakat sebagai panitia kurban di Desa Tanjung Barulak, Air Tiris, Kampar Riau. 

“Ada 10 mahasiswa yang terlibat langsung membantu masyarakat dalam pelaksanaan kurban di Desa Tanjung Barulak. Mereka semua turun membantu masyarakat di saat Idul Fitri ini,” kata Swarez, Kordes KKN Desa Tanjung Barulak. 

“Kami menyadadi bahwa kurban merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang mampu. Dengan berkurban berarti seorang muslim telah mendekatkan diri kepada Allah SWT karena telah menunaikan kewajibannya dan dengan adanya mahasiswa KKN tentu nya akan membantu warga desa sekitar dalam proses qurban”, tuturnya, Selasa, 20 Juli 2021.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban diawali dengan persiapan tempat dan hewan kurban,  penyembelihan, pemotongan, menimbang dan membagikan hewan qurban. 

Baca: 295 Orang di Riau Positif Corona Hari Ini, 11 Meninggal Dunia

BACA JUGA:  BEM UI Beri Jokowi Gelar 'King of Lip Service'

Meskipun pelaksanaan tersebut sedikit berbeda karena kondisi masa pandemi Covid-19 ini namun tidak mengurangi rasa kekompakan dan kebersamaan warga masyarakat Desa Tanjung Berulak.

Alhamdulillah kelihatanmya anak KKN ikut berbaur dengan masyarakat sehingga program masyarakat dari tahun ke tahun berqurban dan ikut serta dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban terutama dalam pembagian daging. Bukti nya pada saat pengeceran daging di lapangan, terlihat antusias dalam membantu masyarakat sehingga pelaksanaan pembagian daging di Desa Tanjung Berulak ini berjalan dengan lancar. Dan ini jadi contoh terbaik yang diberikan oleh anak KKN kepada masyarakat dalam menyukseskan pembagian daging qurban,” ujar Adrian, S.TP sebagai kepala Desa Tanjung Berulak. 

Sementara Heri Winarno Akbar selaku Kepala Dusun 1 mengatakan dengan adanya mahasiswa KKN di desa ini, panitia kurban terasa terbantu karena mahasiswa KKN langsung turun ke lapangan untuk berpartisipasi ikut serta di tempat penyembelihan hewan Qurban.

“Dengan adanya mahasiswa KKN di desa ini, pantia qurban terasa terbantu karena mahasiswa KKN langsung turun ke lapangan untuk partisipasi ikut serta ditempat penyembelihan hewan Qurban,” pungkasnya. (bpc2)