Para Peneliti Ungkap Bahaya Minuman Berenergi Bagi Jantung

Sabtu, 20 November 2021 14:32
Para Peneliti Ungkap Bahaya Minuman Berenergi Bagi Jantung
Ilustrasi minuman berenergi (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Sahabat Bertuahpos, kita seringkali mengonsumsi minuman berenergi untuk tujuan agar tidak cepat lelah. Seperti kita ketahui, bahwa minuman berenergi mengandung doping sehingga membuat kita tidak mudah drop. Namun mengkonsumsi minuman ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Terutama untuk kesehatan jantung.

Para ahli dari Mayo Clinic memperingatkan tentang satu minuman populer, yang dapat menempatkan seseorang pada risiko kesehatan serius, sekalipun minuman itu dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Dampak dari mengonsumsi minuman ini bisa menimbulkan peningkatan risiko penyakit jantung. 

Minuman energi seperti Red Bull, Monster, dan Rockstar adalah beberapa minuman kemasan paling populer di AS, dan penjualannya terus meningkat. Mayo Clinic memperingatkan bahwa minuman ini dapat memiliki efek samping yang serius, bahkan hanya setelah minum satu kaleng 16 ons.

Peneliti Mayo Clinic memeriksa 25 peserta sehat dengan usia rata-rata 29 tahun untuk berpartisipasi dalam studi double-blind, terkontrol plasebo. Setiap peserta mengonsumsi minuman energi 16 ons dan minuman plasebo dalam waktu lima menit secara acak.

Baca: Dalam Satu Tahun Wanita Habiskan Ratusan Jam untuk Merasa “Bete”

“Itu dilakukan pada dua hari terpisah, dengan jarak maksimum dua pekan,” tulis Mayo Clinic melalui siaran pers, dilansir dari Best Life yang dikutip republika.co.id, Sabtu, 20 November 2021.

Minuman plasebo memiliki rasa, tekstur, dan warna yang serupa, tetapi minim kafein. Studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association itu menghubungkan konsumsi minuman energi dengan peningkatan tekanan darah dan risiko lebih tinggi kardiovaskular.

Selain meningkatkan tekanan darah subjek penelitian, para peneliti juga menemukan bahwa minuman energi tampaknya memicu peningkatan norepinefrin, bahan kimia hormon stres, dan ini dapat mempengaruhi peningkatan risiko kejadian jantung. Faktanya, subjek penelitian yang mengonsumsi minuman energi mengalami peningkatan kadar norepinefrin sekitar 74 persen, sedangkan yang mengonsumsi plasebo mengalami peningkatan 31 persen.

Minum minuman berenergi saat berolahraga juga meningkatkan risiko stroke. Sementara risiko penyakit jantung yang lebih tinggi seharusnya menjadi alasan yang cukup untuk menemukan minuman favorit baru, para ahli mengatakan ada alasan lain untuk waspada terhadap minuman energi. 

“Minuman energi mengandung kafein dalam dosis tinggi dan terkadang stimulan lainnya. Kami menemukan bahwa beberapa orang yang mengonsumsinya masuk rumah sakit karena stroke atau pendarahan otak yang parah,” kata Rheumatologist Rula Hajj-Ali, MD kepada Cleveland Clinic.

Hasil studi menunjukkan bahwa orang harus berhati-hati saat mengonsumsi minuman energi karena kemungkinan risiko kesehatan. Anna Svatikova, MD, PhD, seorang rekan kardiologi Mayo Clinic dan penulis pertama studi tersebut, mengatakan bahwa menanyakan pasien tentang konsumsi minuman energi harus menjadi rutinitas para dokter.

Menurut penelitian terbaru, usia muda juga mulai gandrung dengan miinuman energi. Diperkirakan bahwa sekitar 30 persen remaja antara usia 12 sampai 17 tahun di Amerika Serikat mengkonsumsi minuman energi secara teratur. Itu telah dikaitkan dengan peningkatan kunjungan ruang gawat darurat dan kematian, menurut American Heart Association (AHA) .

Kate O’Dell, PharmD, profesor farmasi dan rekan penulis studi Mayo Clinic, setuju bahwa kaum muda adalah demografis berisiko tinggi, akibat seringnya mereka mengonsumsi minuman tersebut. Minuman berenergi mudah didapat dan banyak dikonsumsi oleh remaja dan dewasa muda, termasuk mahasiswa. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 01 Desember 2021 18:16

bank bjb Sabet Predikat Top 20 Financial Institution 2021

Kinerja positif PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) kembali meraih apresiasi.

Rabu, 01 Desember 2021 17:41

Syamsuar Kesal ke Kepala OPD: Jujur Tahun Ini Paling Parah

Gubernur Riau Syamsuar meluapkan kekesalannya saat memberikan pengarahan usai lantik 32 pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau. 

Rabu, 01 Desember 2021 17:01

Hemat Berbelanja Online dengan Kode Promo Eksklusif dari Saleduck Indonesia

Kehadiran platform belanja online yang kian menjamur

Rabu, 01 Desember 2021 16:52

Syahrial Abdi Kepala Bapenda Riau, Ini Daftar Lengkap Nama Pejabat Baru di Pemprov Riau

Sebanyak 32 pejabat Tinggi Pratama atau pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau dilakukan pelantikan untuk posisi jabatan baru. 

Rabu, 01 Desember 2021 16:31

Bukan Bunuh Diri, Korban Meninggal di Fly Over Arengka Diduga Laka Lantas

Kapolsek Tampan, I Komang Aswatama menyebutkan korban meninggal di fly over Arengka bukanlah bunuh diri.

Rabu, 01 Desember 2021 14:28

Seorang Warga Bunuh Diri dengan Melompat di Fly Over Arengka Pekanbaru

Sebuah video menunjukkan seorang warga bunuh diri dengan cara melompat dari fly over Arengka, Pekanbaru, Rabu 1 Desember 2021.

Rabu, 01 Desember 2021 14:01

Moeldoko Takut Data Palsu Dipakai Parpol untuk Pilpres 2024

Jangan sampai orang-orang yang tidak mewakili rakyat yang jadi pemimpin

Rabu, 01 Desember 2021 13:41

Syamsuar Pastikan Pejabat Non Job Karena Kerjanya Nggak Bagus

Lambatnya kinerja kepala OPD salah satu indikator penilaian evaluasi.

Rabu, 01 Desember 2021 13:20

Kadispora Riau Tak Berani Beberkan Besaran Anggaran Renovasi Stadion Kaharuddin Nasution

Rencana renovasi akan menggunakan pos anggaran tahun 2022

Rabu, 01 Desember 2021 13:05

Promo Rebranding dari Hotel Khas Pekanbaru, Dapatkan Harga Spesial

Sebagai promo rebranding, hotel Khas Pekanbaru memberikan promo spesial untuk pelanggan.