Pajak Sembako Bertentangan dengan Semangat Membangun Ekonomi Rakyat

Sabtu, 12 Juni 2021 15:35
Pajak Sembako Bertentangan dengan Semangat Membangun Ekonomi Rakyat

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pajak sembako yang rencananya akan diterapkan pemerintah, dianggap bertentangan dengan semangat membangun ekonomi rakyat seperti komitmen pemerintah.

Pandangan ini diutarakan oleh Anggota DPR Fauzi, dikutip Sabtu, 12 Juni 2021. Sebab itu, dia menilai wajar penolakan atas atas kebijakan ini terus digulirkan.

“Ini kan sungguh ironi di tengah situasi ekonomi masyarakat seperti saat ini. Pemerintah harusnya punya nurani untuk menimbang sebelum mengusulkan pajak untuk sembako,” kata Anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Fauzi mengatakan, segala upaya pemerintah sebelumnya untuk membantu masyarakat ekonomi lemah tak sesuai dengan rencana pajak sembako.

Baca: Tekanan Jual Sedikit Mereda, IHSG Naik 33 Poin

“Sebab kita tahu, sembako itu kebutuhan paling dasar masyarakat. Bukan lagi memberatkan tapi akan mencekik masyarakat bawah,” ungkapnya.

“Karena ini baru rencana, sebaiknya segera pemerintah memberi kejelasan sikap untuk membatalkan rencana itu. Jangan menambah kegaduhan di tengah masyarakat yang saat ini tengah susah,” tandasnya.

Para pedagang mengancam akan melakukan aksi mogok dan demonstrasi sebagai bentuk penolakan mereka atas kebijakan tersebut. 

Sedangkan kelompok buruh juga berencana turun ke jalan sebagai bentuk penolakan mereka terhadap rencana kebijakan pajak sembako. (bpc2)