MUI Perketat Rekrutmen Anggota Setelah Densus 88 Tangkap Ahmad Zein

Rabu, 17 November 2021 18:28
MUI Perketat Rekrutmen Anggota Setelah Densus 88 Tangkap Ahmad Zein

BERTUAHPOS.COM — Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke depan perketat proses rekrutmen anggota demi mencegah terulangnya kasus Ahmad Zain an-Najah, belum lama ini ditangkap Densus 88 atas dugaan terafiliasi dengan jaringan terorisme. Penegasan ini disampaikan oleh Anggota Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme MUI Makmun Rasyid.

“Ke depan MUI salah satu kita lakukan sebagai bentuk penjagaan dan upaya pembersihan di internal yaitu profiling itu sendiri. Ini sebagai bentuk introspeksi diri kita bahwa profiling dalam perekrutan MUI sangat dibutuhkan,” kata Makmun dalam konferensi persnya di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 17 November 2021.

Dia menambahkan, dalam profiling, MUI akan menggandeng pihak terkait. Cara ini diharapkan mampu menangkal perekrutan anggota MUI yang bersih dari jaringan terorisme. “Ke depan MUI kan ada badan, yaitu Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme. Artinya komitmen MUI dalam pemberantasan terorisme tak bisa diragukan. Ke depan profiling dan rekrutmen yang ketat akan kita lakukan,” ucapnya.

Anggota Komisi Fatwa MUI nonaktif, Ahmad Zain An-Najah ditangkap oleh Densus 88 diduga terkait kasus terorisme. Dia telah berstatus tersangka dan dinyatakan sebagai bagian dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Zain An-Najah ditangkap di wilayah Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 16 November 2021. Polisi menyebut Zain merupakan anggota Dewan Syuro dalam jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) dan Ketua Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) atau Yayasan amal yang didirikan untuk pendanaan JI.

Baca: Jika SSK II Direlokasi, Mardianto Manan: AU Juga Pindah

Makmun menjelaskan bahwa MUI merupakan sebuah organisasi yang berisikan perkumpulan dari banyak ormas Islam. Perwakilan ormas Islam yang diperkenankan bergabung dengan MUI, kata dia, syaratnya tak dilarang oleh pemerintah. Dalam kasus Zain ini, MUI tidak mengetahui yang bersangkutan terafiliasi dengan jaringan teroris. MUI juga tak diberi tahu Densus 88 yang sudah memantau aktivitas Zain sejak lama.(bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu