MUI: Pemerintah Jangan Anggap Enteng Prediksi Jakarta Tenggelam

Senin, 02 Agustus 2021 08:06
MUI: Pemerintah Jangan Anggap Enteng Prediksi Jakarta Tenggelam

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta agar para ilmuan di Tanah Air tak menganggap enteng soal prediksi Jakarta berpotensi akan tenggelam. Prediksi ini disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Wakil Ketua MUI Anwar Abbas mengatakan, prediksi Biden selayaknya sebuah atensi agar para ilmuwan lebih waspada dan bisa melakukan deteksi dini agar tak ada kesan pembiaran sampai bahaya benar – benar di depan mata.

Sebelumnya, Biden mengatakan bahwa bila perubahan iklim yang ekstrem terjadi di dunia ini, maka Jakarta akan terancam tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

“Kami berharap agar para pemimpin dan ilmuwan di negeri ini, terutama mereka yang bidang tugas dan keahlian serta keilmuannya memang terkait dengan masalah perubahan iklim dan pemanasan global untuk bersatu melakukan langkah-langkah serta studi,” katanya dalam keterangan resmi.

Baca: Hujan Merata Guyur Riau Minggu Malam Ini

“Itu untuk disumbangkan kepada dunia dan kepada pemerintah sendiri tentang cara mengantisipasi persoalan tersebut,” katanya.

Pesatnya pembangunan di tingkat dunia tentu akan berdampak pada perubahan iklim, meningkatnya emisi karbon sehingga terjadi kenaikan suhu, iklim pun berubah.

Permukaan tanah di Jakarta menurun setiap tahunnya, sedangkan naiknya permukaan air laut karena pemanasan global menyebabkan mencairnya es yang ada di Kutub Utara dan Selatan.

“Kita sebagai bangsa diharapkan juga sudah harus siap dan punya berbagai alternatif dan solusi serta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi dan menghadapi masalah tersebut agar kita bisa meminimalisir resiko dan dampak buruk yang akan menimpa negeri kita akibat dari perubahan iklim dan pemanasan global tersebut terutama (Ibu) Kota Jakarta,” kata Anwar Abbas. (bpc2)