Karhutla Rohil, BPBD Riau: Sepertinya Dibakar!

Rabu, 21 Juli 2021 15:45
Karhutla Rohil, BPBD Riau: Sepertinya Dibakar!
Kebakaran hutan dan lahan. (pixabay)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edy Afrizal menduga, sejumlah lahan cukup luas yang terbakar di Kubu, Kabupaten Rohil, Riau, diduga sengaja dibakar, meskipun secara pasti tidak bisa dipastikan.

“Tapi sepertinya sengaja dibakar, karena tak mungkin api hidup sendiri. Hasil pantauan kita memang ada aktivitas di sana, karena disamping lahan yang terbakar ada kebun sawit,” paparnya, Rabu, 21 Juli 2021. 

Dia mengungkapkan, saat terpantau munculnya titik api di daerah tersebut, pihaknya langsung turunkan tim untuk melakukan upaya pemadaman melalui udara dengan water bombing.

Dijekaskan, bahwa lahan yang terbakar itu, untuk sementara ini diduga milik warga. “Karena setelah dicek pihaknya lahan tersebut diluar kawasan konsesi,” tuturnya.

Baca: Dokter Faheem: Anggap Belum Vaksinasi Kalau Masih Dosis Pertama

BACA JUGA:  Riau Masuk Musim Kemarau, BPBD Minta Daerah Intensifkan Patroli

“Kalau di luar konsesi berarti lahan warga. Tapi kita belum bisa pastikan lahan itu terbakar atau sengaja dibakar, itu yang sedang diselidiki tim penegak hukum (Gakkum) Karhutla Rohil,” tutupnya. 

Berdasarkan pantauan satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hari ini terpantau 55 titik panas (Hotspot), dimana 47 titik diantaranya titik api (Firespot) di Rohil. (bpc2)