Joe Biden Pastikan Tak Segan Bahas Isu Sensitif dengan Putin

Kamis, 10 Juni 2021 10:45
Joe Biden Pastikan Tak Segan Bahas Isu Sensitif dengan Putin
Joe Biden. (Financial Times)

BERTUAHPOS.COM — Presiden AS Joe Biden menegaskan dirinya tak akan segan untuk membahas berbagai isu sensitif saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, di Jenewa, Swiss, pekan depan.

Biden menyampaikan pernyataan ini saat mengunjungi pasukan AS di Suffolk, Inggris, sebelum menghadiri pertemuan tinggi G7 dan kemudian KTT NATO di Brussels.

“Saya menuju pertemuan G7, kemudian ke menteri NATO, dan kemudian bertemu dengan Tuan Putin untuk memberi tahu dia apa yang saya ingin dia ketahui,” kata Biden dikutip Kamis, 9 Juni 2021.

Hal ini bukan berarti dia ingin memicu ketegangan dengan Rusia, melainkan untuk menciptakan hubungan stabil dan dapat diprediksi.

Baca: Nyaris Hancur, Jepang Akhirnya Menyerah di Perang Dunia II

“Namun sudah jelas, Amerika Serikat akan merespons dengan cara yang kuat jika Rusia terlibat dalam kegiatan berbahaya,” katanya.

Biden mengatakan bahwa dia akan menyampaikan bahwa ada konsekuensi jika melanggar kedaulatan demokrasi di AS, Eropa, dan tempat lain.

Ini merupakan perjalanan kepresidenan pertama Biden ke luar negeri sejak menjabat di Gedung Putih. Ia menegaskan keberadaan dirinya di Eropa adalah untuk membela konsep demokrasi. (bpc2)

Berita Terkini

Selasa, 19 Oktober 2021 12:22

Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp3.114/Kg

TBS, Sawit, Riau

Selasa, 19 Oktober 2021 10:36

Beredar Kabar Bupati Kuansing Di-OTT KPK

Kuansing

Selasa, 19 Oktober 2021 07:59

Benarkah Ibu dan Ayah Rasulullah SAW Kafir?

Ibu dan ayah rasul

Selasa, 19 Oktober 2021 07:40

Rasulullah SAW Berasal dari Keturunan yang Baik

Rasulullah SAW

Selasa, 19 Oktober 2021 03:10

Harga Kopra di Inhil Turun Tipis

Kopra, Perkebunan