Jelang Pergantian Tahun, Harga Kebutuhan Pokok di Pekanbaru Naik

Inflasi Pekanbaru Naik di Bulan Juni, Harga Cabai dan Beras Jadi Penyebab Utama

Cabai merah

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Jelang pergantian tahun, harga kebutuhan pokok di Kota Pekanbaru mulai merangkak naik.

Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Pekanbaru langsung turun ke pasar-pasar untuk melakukan peninjauan, dan dari hasil peninjauan Disketapang mendapati beberapa harga bahan pokok mengalami kenaikan yang signifikan.

Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan itu seperti bawang merah, telur dan juga ayam ras. Terjadi kenaikan seperti bawang merah, biasanya diharga Rp25-26 ribu per kilogram kini di angka Rp30 ribu per kilogram.

“Kemudian telur ayam juga alami kenaikan, yang biasanya 1 papan isi 30 butir biasanya Rp50 ribu naik juga sampai Rp58 ribu hingga Rp60 ribu,” kata Kepala Disketapang Pekanbaru, El Syabrina, Jumat 30 Desember 2022.

Bukan hanya itu saja, harga ayam potong juga mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan menurutnya kenaikan ayam potong mencapai 50 persen.

“Harga per kilogramnya saat ini Rp35 ribu dari sebelumnya berkisar Rp24 ribu hingga Rp26 ribu per kilogram. Naik signifikan,” ucapnya.

Dampak kenaikan sejumlah harga bahan pokok ini, mantan Asisten II Sekretariat Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru ini juga mendapatkan keluhan dari para pedagang dan juga masyarakat.

Efeknya daya jual beli yang dilakukan oleh masyarakat juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Jadi masyarakat tidak mau menyetok kebutuhan dalam jumlah banyak. Jadi membeli sesuai dengan kebutuhan hari ini atau beberapa hari saja, sembari berharap harga kebutuhan pangan keluarga ini bisa kembali stabil,” jelasnya.

Walupun demikian, dipastikan El Syabrina ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat sejauh ini masih aman terkendali.

“Semua masih tercukupi. Walaupun ada proses perbaikan jalan di Sumbar, sebagai daerah penyuplai, namun untuk ketersediaan barang di Pekanbaru masih terpenuhi, karena juga ada pasokan dari daerah lain seperti Sumatera Utara dan pasokan lokal,” tutupnya.

Exit mobile version