Demokrat Bicara Soal Harun Masiku, Negara Harus Turun Tangan

Rabu, 25 Agustus 2021 10:36
Demokrat Bicara Soal Harun Masiku, Negara Harus Turun Tangan

BERTUAHPOS.COM, PEKANABRU — Demokrat minta pemerintah turun tangan menangkap buronan koruptor Harun Masiku. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief.

Masalahnya, hingga saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipandang memiliki keterbatasan untuk menangkap tersangka di luar negeri.

“Siapa yang bisa menangkap Harun Masiku di Luar negeri? Menkopolhukam, Deplu, dan kepolisian. KPK enggak mungkin bisa melakukan itu. Banyak keterbatasan,” kata Andi dalam akun Twitternya @Andiarief__ dikutip, Rabu, 25 Agustus 2021.

Andi menilai peran negara sangat penting untuk menangkap para buronan kasus korupsi yang melarikan diri ke luar negeri, sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com.

Baca: Lowongan Kerja PT KAI (Persero) Untuk SMA SMK D3 D4 S1

Menurutnya, mantan Bendum Demokrat Muhammad Nazaruddin dan terdakwa kasus suap cek perjalanan dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004, Nunun Nurbaeti bisa ditangkap di luar negeri karena tak lepas dari peran negara. “Tapi apa mungkin mengorbankan Hasto Sekjen PDIP?” kata Andi.

KPK mengklaim sampai saat ini masih memburu Harun Masiku. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengaku pihaknya sempat menerima informasi terkait keberadaan tersangka dugaan suap pergantian antarwaktu anggota DPR periode 2019-2024. (bpc2)