Catatan Sejarah 6 Juni: D-Day, Invansi Laut Terbesar

Minggu, 06 Juni 2021 05:00
Catatan Sejarah 6 Juni: D-Day, Invansi Laut Terbesar

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pada 6 Juni 1944, pasukan Sekutu menyeberang dari Inggris ke Prancis melalui Selat Inggris untuk memukul Jerman di Perang Dunia II. Sekutu menyebut hari itu sebagai D-Day.

Peristiwa ini dikenal dengan nama ‘Invasi Normandia’, dan merupakan invasi laut terbesar yang pernah ada. Hampir tiga juta pasukan sekutu menyeberang ke Prancis untuk menyerang Jerman.

Advertisement

Tentara Jerman berada di situasi sulit. Di Normandia, tentara sekutu sudah mendarat, yang kemudian berbaris menuju Berlin. Di sisi lain, tentara Uni Soviet bersiap menyeberangi Sungai Oder, yang hanya berjarak 82 kilometer dari Berlin.

18 April 1945, sebanyak 325.000 pasukan Jerman menyerah, sehingga membuka jalan bagi tentara Amerika Serikat menuju Berlin. Sementara di daerah timur, garis pertahanan terakhir Berlin di dataran tinggi Seelow juga digempur tentara Uni Soviet.

BACA JUGA:  Catatan Sejarah 6 Juni: D-Day, Invasi Laut Terbesar Sepanjang Sejarah

Baca: Gerakannya di Bandung Gagal, APRIS Mulai Buru Westerling

19 April 1945, pertahanan di Seelow dihancurkan. Tentara Uni Soviet kemudian maju dan menghujani Berlin dengan artileri. Tanggal 21 April, tentara Uni Soviet sudah mencapai batas Kota Berlin.

Di tengah situasi ini, Adolf Hitler mengungsi ke bunker yang dibangun di bawah gedung Kekanseliran Jerman. Bunker ini dibangun 17 meter dibawah tanah, yang mempunyai 18 kamar. Listrik dan air bersih di bunker ini juga terpisah dari gedung lain, dari berbagai sumber. (bpc4)