Cara Merawat Tanaman Hias di Pekarangan Rumah

Selasa, 01 Juni 2021 12:31
Cara Merawat Tanaman Hias di Pekarangan Rumah
Cara merawat tanaman hias. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Meski tren-nya tak se-booming dulu, tanaman hias sejak dulu hingga kini tetap banyak peminat. Tanaman hias memang harus diperlakukan khusus, sebab itu tak sembarangan merawat tanaman hias.

Memiliki tanaman di pekarangan rumah tidak hanya untuk nilai artistik. Tanaman – tanaman ini juga punya banyak manfaat, terutama sebagai suplai oksigen yang sehat bagi tubuh.

Advertisement

Nah, berikut ini Bertuahpos.com, menyuguhkan tips dan cara merawat tanaman hias, terutama bagi kamu yang baru menggemari hobi ini:

Cara Penyinaran

Baca: Acara Workshop Terhenti, Plt Gubri: Ada Pengumuman Sikit!

Proses penyiraman tidak bisa sembarangan. Nah bagi kamu para pemula yang gemar mengoleksi tanaman hias, perlu memperhatikan pada bagian ini. Cara penyinaran harus disesuaikan dengan kebutuhan jenis tanaman. Ada tanaman yang membutuhkan banyak cahaya, dan sedikit cahaya.

Salah satu caranya, perhatikan jenis tanamannya, lalu kelompokkan jenis tanaman yang tumbuh di tempat lembab, dan di tempat kering.

Cara Penyiraman

BACA JUGA:  Ini Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Tanaman Hias Janda Bolong

Setiap jenis tanaman hias tentu lah memiliki cara penyiraman yang berbeda – beda. Oleh sebab itu perlu dikelompokkan secara benar jenis – jenis tanaman hias yang dimiliki.

Misalnya untuk tanaman hias yang tidak perlu membutuhkan banyak asupan air, maka intensitas penyiraman tentulah lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis tanaman hias yang membutuhkan banyak air.

Sebab, ada beberapa jenis tanaman hias yang membutuhkan banyak air namun akarnya tak boleh terendam.

Perhatian Media Tanam

Perlakuan yang berbeda juga perlu dilakukan pada jenis tanaman yang menggunakan media berbeda – beda. Tanaman hias dengan media tanah tentulah harus dirawat dengan cara berbeda dengan tanaman media sekam dan air.

Pemupukan

BACA JUGA:  Peluang Bisnis si Janda Bolong di Pekanbaru Saat Pandemi

Pemupukan juga penting dilakukan agar tanaman hias Anda tetap tumbuh dengan baik. Ada beberapa jenis tanaman yang memang membutuhkan suplai gizi dari eksternal untuk pertumbuhannya.

Meski demikian, memupuk tanaman hias juga tidak sembarangan, tergantung dari jenis tanaman hiasnya. Oleh sebab ini, penting bagi Anda untuk mengetahui karakteristik setiap tanaman hias yang Anda miliki. (bpc2)