Beberapa Poin Penting yang Disampaikan Jokowi Saat Rapat Penanganan Covid-19 Nasional

Senin, 19 Juli 2021 19:05
Beberapa Poin Penting yang Disampaikan Jokowi Saat Rapat Penanganan Covid-19 Nasional
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sekneg)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, bersama Forkopimda Riau termasuk Walikota Pekanbaru turut hadir dalam rapat penanganan covid-19 nasional yang digelar secara virtual, Senin, 19 Juli 2021, di Posko Satgas Penanganan covid-19 Riau Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Dalam pertemuan secara daring itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan beberapa poin penting untuk diterapkan daerah, khususnya bagi para gubernur se-Indonesia dalam rangka menekan angka kasus penyebaran Corona (Covid-19).

Diantara beberapa poin penting yang disampaikan Jokowi dalam pertemuan itu, yakni pentingnya kepemimpinan lapangan yang mengerti tentang kondisi masyarakat, bahkan sampai ke tingkat desa.

“Kepemimpinan lapangan ini diperlukan untuk mengarahkan masyarakat agar selalu patuh pada protokol kesehatan,” kata Jokowi.

Baca: DBU: Kondisi Eriksen Stabil

BACA JUGA:  Covid-19 India Semakin Buruk dengan Krisis Oksigen Tenaga Medis

Selain itu, dijelaskannya, para gubernur juga ditekankan terhadap tindakan pencegahan, disiplin protokol kesehatan yang harus benar – benar dijaga. Menurut Jokowi hal ini juga menjadi kunci penting untuk penanganan covid-19.

“Masyarakat harus tahu cara deteksi dini, di mana mereka peroleh obat dan di mana mereka bisa konsultasi mengenai covid-19,” terangnya.

Penekanan lain yang ditegaskan oleh Jokowi, yakni soal ketersediaan tempat isolasi mendiri untuk gejala ringan di tingkat desa, minimal terpusat di tingkat kelurahan. Terutama di wilayah perkotaan.

“Ini harus ada. Percepatan penularan akan sangat masif jika semuanya tidak dipersiapkan,” terangnya.

Jokowi juga meminta langkah inovatif oleh daerah terhadap disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat khususnya di pasar tradisional, pabrik – pabrik, mal, rumah ibadah.

Aturan di tempat – tempat ini menurut Jokowi harus didetilkan aturannya dan disepakati dengan pelaku usaha.

“Tahun lalu ada pengaturan pasar tradisional yang dibuka secara berjarak. Sebagian dibuka di luar, dan sebagian lagi di buka di dalam,” terangnya. (bpc2)