AS Diserang Covid-19 Varian Delta, Walau Sudah Divaksin Tetap Pakai Masker di Ruangan

Rabu, 28 Juli 2021 10:50
AS Diserang Covid-19 Varian Delta, Walau Sudah Divaksin Tetap Pakai Masker di Ruangan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Amerika Serikat (AS) kembali dihadapkan dengan kasus tingginya angka penyebaran kasus covid-19, lantaran masuknya varian delta.

Varian yang muncul di India itu telah menyebar dengan cepat dan sekarang menyumbang lebih dari 80% kasus virus corona di AS. “Mengejar vaksinasi dan memakai masker dengan ketat akan membantu menghambat penularan,” kata Presiden AS Joe Biden seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Joe Biden sejauh ini meyakini, percepatan realisasi vaksinasi dan pengetatan protokol kesehatan akan membantu AS untuk tidak mengambil langkah lockdown, sebab pemerintah sangat sadar bahwa hal itu merugikan tempat – tempat usaha dan sekolah seperti di tahun 2020.

CDC mengatakan bahwa 63,4% negara-negara bagian AS memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi untuk membenarkan penerapan aturan memakai masker dalam ruangan dan harus segera melanjutkan kebijakan tersebut. 

Baca: Ini Alasan Malaysia Gratiskan Vaksin untuk Warga Asing

Manhattan, Los Angeles, dan San Francisco memenuhi kriteria penularan seperti halnya seluruh negara bagian Florida, tetapi Chicago dan Detroit tidak.

Ketua Federasi Guru Amerika Randi Weingarten dalam pernyataan memuji panduan baru CDC mengenai pemakaian masker. Ia menyebut panduan tersebut sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan sampai anak-anak di bawah 12 tahun dapat menerima vaksin Covid-19 dan lebih banyak orang Amerika di atas 12 tahun mendapatkan vaksinasi.

Panduan CDC sebelumnya untuk sekolah hanya meminta siswa yang tidak divaksin untuk memakai masker. Namun, rekomendasi CDC yang baru tidak mengikat. 

Banyak warga Amerika, terutama di negara-negara bagian yang condong ke Partai Republik, mungkin memilih untuk tidak mengikutinya. Setidaknya 8 negara bagian melarang sekolah mewajibkan masker. (bpc2)