Apakah Ditujukan ke Anies? Pernyataan Giring Soal ‘Masa Depan RI Suram’ Direspon Gerindra: Emang Die Siape?

Kamis, 23 Desember 2021 13:22
Apakah Ditujukan ke Anies? Pernyataan Giring Soal ‘Masa Depan RI Suram’ Direspon Gerindra: Emang Die Siape?
Giring Nidji – Foto: Instagram

BERTUAHPOS.COM — Ucapan Ketua PSI Giring Ganesha, bahwa “masa depan RI suram bila dipimpin oleh sosok yang pernah dipecat Presiden Jokowi”, menimbulkan reaksi dari politikus Partai Gerindra M Taufik. 

Taufik mempertanyakan kapasitas Giring telah mengeluarkan pernyataan seperti itu. Giring tidak spesifik ucapan itu ditujukan untuk siapa. 

Namun bagi Gerindra, itu hanya sebuah pernyataan untuk mendapat panggung politik, tidak lebih.

“Kalau orang Betawi bilang: die siape? pangkatnye ape?,” ujarnya merespon pernyataan Giring Ganesha seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis, 23 Desember 2021.

Baca: Malaysia Hentikan Penggunaan Vaksin Sinovac

Menurut Taufik, Giring dan PSI sepertinya sudah mulai untuk cari panggung dalam situasi saat ini, dapa yang diucapkan Giring sama sekali tidak ada masalah bagi Gerindra.

“Tapi nggak apa-apa. Dia emang harus nyari panggung, makanya banyak-banyak bertiktok ria, banyak-banyak harus bikin konten,” kata Taufik.

Sebelumnya, Giring Ganesha menyebut bahwa masa depan Indonesia suram apabila dipimpin oleh Presiden pembohong dan sosok yang intoleran. 

Pernyataan itu dilontarkan di hadapan Presiden Jokowi dalam momen puncak Hari Ulang Tahun PSI ke-7.

Giring mulanya mengaku siap menjadi oposisi pemerintah pada periode mendatang apabila presiden terpilih pada Pilpres 2024 merupakan sosok intoleran.

“Bila kelak skenario buruk terjadi dan kandidat yang punya rekam jejak politisasi agama menang Pilpres Pak, PSI siap menjadi oposisi sebagaimana yang telah kami buktikan di Jakarta hari ini,” kata Giring dalam sambutannya, Rabu, 22 Desember 2021.

Giring menyebut, kemajuan yang sudah dicapai oleh Jokowi selama dua periode ini akan hancur apabila sosok penggantinya merupakan orang yang memiliki rekam jejak menggunakan sentimen SARA untuk memenangkan proses Pilkada. 

Dia, bahkan menyatakan Indonesia akan menjadi suram pada periode mendatang apabila dipimpin oleh seorang pembohong.

Kendati begitu, Giring tidak secara spesifik menyebutkan secara pasti siapa sosok yang dimaksud tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa sosok itu merupakan orang yang pernah dipecat oleh Jokowi dalam pemerintahan.

“Indonesia akan suram jika yang terpilih kelak adalah seorang pembohong dan juga pernah dipecat oleh Pak Jokowi karena tidak becus kerja,” tegasnya.

Apakah pernyataan itu untuk Anies Baswedan?

Giring juga sempat melontarkan hal serupa dalam sebuah keterangan video beberapa waktu lalu. Namun, saat itu Giring menyebut langsung nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam video itu, Giring menuding Anies sebagai pembohong. Ia menyebut Anies kerap berpura-pura peduli terhadap masyarakat di tengah kesulitan masyarakat saat pandemi virus corona (Covid-19).

Giring mencatat bahwa Anies kerap menampakkan diri peduli dengan penderitaan rakyat di masa pandemi di hadapan pandemi. Namun, ia mengajak publik untuk menguji kebenaran citra peduli Anies itu dengan melihat penggunaan uang rakyat melalui APBD DKI di masa pandemi.

Giring menuding, APBD DKI malah digunakan Anies untuk kepentingan ego pribadinya semata. Salah satunya dengan menggunakan Rp1 triliun untuk menggelar acara balap mobil Formula E.

Uang muka acara Formula E, kata dia, dibayar Anies pada saat pemerintah secara resmi mengumumkan negara dalam keadaan darurat pandemi. Padahal, acara balap mobil itu tak berguna bagi masyarakat yang tengah tertimpa musibah pandemi.

Giring juga menyinggung Anies sempat mengklaim tidak punya dana untuk mengatasi Covid-19 di Jakarta. Bahkan, sempat meminta pemerintah pusat mengambil alih penanganan Covid-19 di Jakarta.

Dalam situasi krisis, kata Giring, seorang pemimpin harus berupaya keras untuk menyelamatkan rakyat. Baginya, prinsip mendahulukan kepentingan rakyat merupakan langkah yang lebih penting dilakukan pemimpin.

“Gubernur Anies bukanlah sebuah contoh orang yang bisa mengatasi krisis. Jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan pembohong, jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan Anies Baswedan,” tambah Giring. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 27 Januari 2022 22:09

Kasus Omicron Muncul di Sumbar, Anggota Dewan Minta Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Awasi Perbatasan

15 kasus Covid-19 Omicron terdeteksi di Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta segera ambil tindakan

Kamis, 27 Januari 2022 21:10

Debut Timnas Indonesia vs TImor Leste, Ronaldo Kwateh Trrending Topik

Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday, Kamis (27/1) malam WIB. Fakta dan rekor menarik terjadi yang dibuat Ronaldo Kwateh

Kamis, 27 Januari 2022 18:02

Covid Omicron Muncul di Sumbar, PAEI Riau Minta Warga Tak Panik

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kemunculan 15 kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya, per 27 Januari 2022.

Kamis, 27 Januari 2022 17:15

Sore Ini Muncul 38 Hotspot di Sumatera, BMKG: Satu Titik di Bengkalis

Puluhan hotspot atau titik panas muncul di Pulau Sumatera, Kamis sore 27 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada satu titik muncul di Provinsi Riau

Kamis, 27 Januari 2022 17:07

Warga Kampung Miliarder di Tuban yang Kaya Mendadak Karena Jual Tanah ke Pertamina, Kini Nganggur dan Susah Cari Makan

Masih ingat desa miliarder di Tuban yang kaya mendadak karena tanahnya dibeli oleh Pertamina? Kini terbaru banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sebab jadi pengangguran

Kamis, 27 Januari 2022 16:30

Ditanya Deddy Corbuzier Soal KUA Blacklist Namanya, Ini Kata Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo bercerai dengan Kalina Oktarani. Terbaru Vicky diundang ke channel youtube Deddy Corbuzier

Kamis, 27 Januari 2022 16:10

Covid Omicron Muncul di Sumbar, Syamsuar Belum Ada Rencana Pengetatan Wilayah Perbatasan

Riau sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan pengetatan dan penyekatan wilayah perbatasan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:42

Anggota DPRD Riau Soroti Kasus BB Ilegal Loging di Kuansing yang Tiba-tiba Hilang

Hilangnya BB berupa alat berat dalam kasus ilegal loging di Kuansing sangat mencurigakan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:35

Ini yang Tak Bisa Dilupakan Andre Taulany Dengan Tukul Arwana

Andre Taulany menjenguk Tukul Arwana yang sedang sakit. Andre menyampaikan kondisi Tukul sudah semakin membaik.

Kamis, 27 Januari 2022 15:05

Moderna Inc Laporkan Produksi Vaksin Khusus Omicron Sudah Separuh Jalan

Penelitian yang mereka lakukan untuk vaksin khusus melawan Covid Omicron sudah setengah jalan.