Amphuri Upayakan Dapat Kuota Vaksin Covid-19 Demi Kelanjaran Perjalanan Jemah Haji dan Umrah

Minggu, 03 Oktober 2021 17:21
Amphuri Upayakan Dapat Kuota Vaksin Covid-19 Demi Kelanjaran Perjalanan Jemah Haji dan Umrah
Ketua DPP Amphuri Firman M Nur (kanan) didampingi Ketua DPD Amphuri Riau Kepri M Junaidi (kiri) di Hotel Furaya, Pekanbaru, Minggu, 3 Oktober 2021 (@bertuahpos/Melba)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) tengah mengupayakan agar dapat kuota vaksin Covid-19 demi kelanjaran perjalanan jemaan haji dan umrah ke Tanah Suci Mekah.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum DPP Amphuri Firman M Nur usai melantik pengurus Amphuri Riau, di Hotel Furaya Pekanbaru, Minggu, 3 September 2021.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan kementerian kesehatan, agar Ampuri diberikan jatah kuota vaksin yang direkomendasikan oleh pemerintah kerajaan arab Saudi tersebut.

“Kami dari organisasi Ampuhri sudah berbicara dengan menteri kesehatan, melalui irjen pelayanan kesehatan, selama itu sesuai ketentuan, mereka akan mensuport kita untuk menyiapkan vaksin itu,” sebutnya.

Baca: Bank Riau Kepri Syariah Berbagi Bersama Ustadz Abdul Somad

Firman juga mendorong agar para penyelenggara haji dan umroh di Provinsi Riau agar bisa menfasilitasi para calon jemaah haji dan umroh mengikuti vaksinasi. Mengingat, saat ini vaksin Covid-19 telah menjadi syarat wajib calon jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah ke Tanah Suci Mekah.

Dia juga meminta kepada pemerintah agar menyediakan jenis vaksin yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi, seperti vaksin jenis Pfizer, Moderna, AstraZeneca dan Jhonson and Jhonson. 

“Sebab keempat vaksin tersebut telah direkomendasikan oleh pemerintah Arab Saudi untuk jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji dan umrah,” tuturnya.

Seperti diketahui, kedatangan rombongan pengurus DPP Amphuri ke Pekanbaru dalam rangka pelantikan DPD Amphuri Riau Kepri yang dilaksanakan di Hotek Furaya, Pekanbaru, Minggu, 3 Oktober 2021.

Diketahui pula, bahwa saat ini Ketua DPD Amphuri DPD Riau Kepri dinakhodai Muhammad Junaidi dari PT. Shirotol Jannah Tour and Travel. (bpc2)