2 Perkara Warisan Rasulullah untuk Umatnya

Sabtu, 12 Juni 2021 10:35
2 Perkara Warisan Rasulullah untuk Umatnya
Islampos – Al Quran, Kitab Suci umat Islam.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Seperti dikisahkan dalam banyak riwayat, bahwa Nabi Muhammad SAW begitu khawatir tentang keadaan umatnya dalam menjalani kehidupan sebagai muslim. “Ummati, ummati,” ungkap Rasulullah SAW.

Rasa cinta Rasul terhadap umat-nya sangat besar. Sehingga Allah memberikan banyak keistimewaan, salah satunya dihisab lebih dulu daripada umat – umat nabi yang lain di hari akhir kelak.

Ada 2 perkara warisan Rasulullah SAW yang ditinggalkan kepada umatnya — yang apabila umat muslim selalu berpegang kepada 2 pusaka tersebut, niscaya akan selamat di dunia dan di akhirat. 

Kedua pusaka itu adalah Al Quran dan Hadis. Taraktu fikum amraini ma intamassaktum bihi ma thudhillu abada, kitabullahi, wa sunnatan rasulihi.

Baca: Corona Berdampak ke Haji? Ini Kata Wapres Ma’ruf Amin

BACA JUGA:  Catatan Sejarah 16 Januari: Runtuhnya Dinasti Umayyah

Artinya: Telah aku (Rasulullah) tinggalkan kepada mu (umat Islam) 2 perkara, yang apabila kamu berpegang kepada keduanya, nicaya kamu akan selamat (baik didunia dan di akhirat), yakni Al Quran dan Hadis.

Penegasan tentang ini juga sudah dijelaskan Allah SWT dalam Al Quran. “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai,” Allah berfirman dalam QS Ali Imaran ayat 103.

Menurut Ibnu Katsir dalam tafsirnya, Al Quran lah yang dimaksud Allah sebagai tali agama. Sebab di dalamnya terkandung pegangan hidup yang kokoh dan senantiasa menjadi pembimbing untuk menjaga manusia agar tetap berada di jalan yang lurus.

Karena Al Quran memiliki makna yang luas, maka penjelasan – penjelasan rinci dari pemaknaan kitab suci ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW sebagai utusan Allah, baik dari segi ucapan maupun perbuatan Nabi Muhammad SAW. 

Itulah 2 perkara warisan Rasulullah yang akan membimbing umat Islam untuk mencapai keselamatan hidup di dunia dan akhirat kelak. Semoga kita semua termasuk dalam orang – orang yang meninggal dalam keadaan yang baik, dan Allah senantiasa melindungi dan membimbing setiap perjalanan hidup kita di dunia ini. Amin.

(bpc2)