Safari Ramadan: Ibadah di Bulan Puasa Harus Ditingkatkan

Kamis, 15 Juni 2017 17:26

BERTUAHPOS.COM (BPC), BAGANSIAPIAPI – Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh setiap muslim di dunia. Dimana pada bulan Ramadan segala amal ibadah kita akan dilipatgandakan dari hari biasanya. 

Oleh sebab itu perlu bagi kita dalam memaksimalkan segala aktivitas yang bernilai positif pada bulan puasa, terutama sekali yang berkaitan langsung dengan aktivitas puasa itu sendiri. 

Hal inilah yang disampaikan oleh salah seorang ustaz yang menyampaikan tausyiahnya di Masjid Khairunnas yang berada di Komplek Perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi.

“Jika di hari biasa amalan kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, apalagi pada bulan Ramadan. Bukankah Allah telah menyebutkan bahwa puasa itu adalah milik Allah,” ujarnya.

Baca: SDN 01 Meranti Minta Pemkab Bantu Pagar Besi

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa makna puasa milik Allah SWT adalah, setiap amalan yang kita lakukan pada bulan Ramadan terutama berkaitan langsung dengan amalan puasa hanya Allah SWT sendiri yang akan memberi imbalannya secara langsung. Itu berarti begitu besar dan tak terhingga imbalan yang akan diberikan Allah SWT apabila kita mampu melaksanakan amalan tersebut dengan baik dan benar. 

Lebih lanjut ustaz menyebutkan agar kita tidak puasa hanya sekadar puasa, karena jika hanya sekadar menahan lapar dan haus maka tidak akan ada yang membedakan kita dengan umat lainnya yang juga berpuasa. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa melaksanakan puasa sesuai dengan tuntunan dan anjuran dari Allah dan rasulnya, yang berarti kita harus melaksanakan puasa juga dengan menggunakan ilmu.

“Jangan puasa orang puasa kita, lalu apa bedanya kita dengan umat lain, non muslim yang juga puasa,” sebutnya. (bpc12)