Ribuan Balita di Riau Berpeluang Terserang Kanker Paru-paru

Minggu, 30 Juni 2013 18:27
BERTUAHPOS, JAKARTA – Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan, apabila pencemaran udara akibat asap itu terus terulang, ribuan balita di Riau berpeluang lebih besar terkena kanker paru-paru.
Â
“Menghirup asap dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan kanker paru. Meski begitu, kondisi tiap orang berbeda karena tingkat kekebalannya tidak sama,” Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Yohanes.
Â
Saat ini, katanya, balita penderita ISPA di Riau akibat menghidup asap sisa kebakaran hutan dan lahan yang mencemari udara sedikitnya 3.160 orang.
Â
Yohanes, mengatakan penderita ISPA dalam 10 hari terakhir meningkat pesat hingga berjumlah 6.321 orang. “Sekitar 50 persen penderitanya balita,” ujarnya.
Â
Yohanes mengatakan, ISPA merupakan penyakit infeksi akut yang melibatkan salah satu atau lebih dari organ saluran pernafasan, hidung, sinus, faring dan laring.
Â
Dijelaskan Yohanes, jumlah penderita ISPA di Riau meningkat sejak tanggal 18 Juni lalu saat asap kebakaran mulai mengakibatkan kondisi udara tidak sehat.
Â
“Itu baru data dalam 10 hari, biasanya dalam satu bulan tidak pernah setinggi ini. Peningkatan penderita dalam sehari rata-rata bisa 20 sampai 50 persen,” katanya. (kapurnews.com)