Raskinda Tak Masuk APBD 2014

Senin, 10 Februari 2014 15:27
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tahun 2014 ini, Pemko Pekanbaru tidak memasukkan program Beras Miskin Daerah (Raskinda) di dalam APBD. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan anggaran serta banyak program prioritas yang harus dilaksanakan  lebih dahulu.
Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Pekanbaru, H Musa, Senin (10/2/2014) menjelaskan, Pemko akan lebih fokus pada program raskin nasional.
Disamping itu, juga karena belum ada data terbaru mengenai jumlah masyarakat miskin kota. Dikhawatirkan terjadi tumpang tindih dengan penerima dari data statistik. Karena secara spesifik belum ada dilaksanakan pendataan jumlah warga miskin Kota Pekanbaru.
“Anggaran yang dibutuhkan untuk itu (Raskinda) cukup besar, sedangkan anggaran kita terbatas. Makanya fokus dengan raskin nasional dan APBD 2014 lebih diprioritaskan untuk program yang strategis,” ujarnya.
 

Pada 2013 kemarin, Pemko Pekanbaru menyalurkan raskinda secara gratis kepada 19.358 keluarga miskin. Yakni keluarga miskin yang tidak tercantum sebagai penerima raskin Nasional. Dalam kondisi mendadak, tidak tertutup kemungkinan, program ini sewaktu-waktu dijalankan. Tentunya harus menunggu instruksi serta anggaran mencukupi, Raskinda akan menggunakan APBD perubahan. (Riki)