Polda Riau Sebarkan Maklumat Tentang Bahaya Dan Saksi Kebakaran Lahan

Sabtu, 29 Juni 2013 08:54
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Polda Riau menyebarkan sebanyak 5.000 lembar kerta berikan maklumat tentang Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan serta Pemadaman Titik Api di wilayah kabupaten/kota Riau dengan nomor MAK/1/VI/2013. Maklumat itu disebarkan dengan menggunakan pesawat Herkules dari udara.
 
Direktur Binmas Polda Riau, Kombes Pol Sugiyono di Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Asap Provinsi Riau di Pekanbaru, Jumat (28/6/), mengatakan fokus penyebarannya yakni ke sejumlah wilayah yang rentan kasus kebakaran lahan, seperti Kabupaten Bengkalis, Kampar, dan Kota Dumai.
 
Ada tiga butir dalam makluman Kapolda Riau itu. Pertama, kepada seluruh lapisan masyarakat dan pelaku usaha dibidang kehutanan dan perkebunan serta pertanian agar bersama-sama dengan pemerintah setempat, instansi terkait, TNI/Polri berupaya mencegah kebakaran hutan atau lahan.
 
Kedua, Kapolda mengimbau agar masyarakat dan pelaku usaha menghindari pembukaan lahan dengan cara membakar dan apabila menemukan titik api atau kebakaran segera melaporkan kepada pemerintah setempat, instansi terkait, TNI/Polri untuk dilakukan pemadaman secara bersama-sama.
 
Ketiga, terhadap pelaku pembakar hutan atau lahan, akan dikenakan sanksi berupa pidana sesuai dengan Undang Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (riau.go.id)