Pembangunan “Alcatraz” Riau Bisa Menghilangkan Unsur Pemasyarakatan

Minggu, 28 Mei 2017 15:15

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pembangunan “Alcatraz” Riau atau penjara yang berada di sebuah pulau, akhir-akhir ini semakin santer didengar. Ini setelah Wakil Gubernur Riau yang baru saja dilantik, Wan Thamrin Hasyim mengeluarkan statement ingin membangunan sebuah penjara yang ada di sebuah pulau.

Statement ini dikeluarkannya untuk mengatasi over kapasitas yang terjadi di beberapa lembaga pemsayrakatan dan rumah tahanan yang ada di Riau. Namun menurut Fakhri Usmita (40), salah seorang pakar kriminolog, pembangunan penjara diluar pulau akan menghilangkan unsur pemsyarakatan yang ingin dicapai dari sebuah lembaga pemsyarakatan.

Menurut pria yang aktif sebagai tenaga pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Pekanbaru ini, ide pemasyarakatan ialah menyatukan kembali mereka-mereka dengan masyarakat sekitar.

“Jika mereka semua dikirim ke penjara yang terletak di pulau tertentu, unsur pemasyarakatannya akan hilang, mereka akan jauh dari keluarga yang ingin menjenguk, ini tidak baik, terutama untuk mereka yang melakukan tindak pidana tidak khusus,” terang Fakhri Usmita. (bpc9)

Baca: Belasan CPNS Pekanbaru Belum Lengkapi Berkas