Komite Sekolah di Riau Harus Cari Dana di Luar Sumbangan Wali Murid

Minggu, 09 Juli 2017 12:39

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mendorong komite sekolah di Riau agar cari dana di luar sumbangan orang tua atau wali murid. 

Itulah keinginan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hamid Muhammad saat dia berkunjung ke Riau jelang akhir pekan lalu. 

Dia mengatakan, langkah inovasi seperti itu perlu dilakukan pihak pengelola sekolah di Riau supaya masalah anggaran tidak menjadi kendala dalam menciptakan dunia pendidikan berkarakter seperti tujuan pemerintah. 

“Jangan melulu cari sumbangan dari orang tua murid. Komite sekolah itu sudah saatnya memunculkan upaya inovasi untuk mendapatkan pembiayaan yang cukup untuk kebutuhan sekolahnya,” ujar Hamid Muhammad. 

Baca: Warga: Bukan Suudzon, Tapi Kok Bisa Mereka Punya Smartphone Mahal

Baca: Ini Himbauan Kadisdik Riau Untuk Kepala Komite Sekolah

Diantara upaya yang bisa dilakukan, yakni dengan memberdayakan anggaran dari program CSR perusahaan. Selain itu pihak sekolah diperbolehkan untuk mencari sumbangan dengan sumber daya alumni. 

“Kalau masih berharap dari sumbangan orang tua, repot nanti. Karena saat ini semuanya dikaitan dengan pungli. Jadi susah dan bahaya. Makanya komiter sekolah itu didorong untuk mencari dana di luar suambangan orang tua murid,” katanya. (bpc3)