Jelang PIN, Diskes Siak Gencar Lakukan Sosialisasi

Rabu, 02 Maret 2016 11:13

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Jelang Pekan Imunisasi Nasional ( PIN) Polio 2016 tanggal 8 Maret mendatang, Dinas kesehatan kabupaten Siak terus melakukan sosialisasi guna memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya Polio untuk anak. Dalam sosialisasi yang dilaksanakan di Kantor Bupati Siak, Selasa ( 1/03/2016) kemarin, diskes siak mengundang para Camat dan Kepala puskesmas.

Namun, ternyata banyak dari tamu undangan tersebut yang tidak hadir dan hal ini sempat dipertanyakan oleh Asisten III, Jamaludin, yang membuka acara sosialisasi tersebut. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa imunisasi sangat penting dan diharuskan untuk anak berusia 0-59 bulan.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan lebih betapa pentingnya imunisasi bagi anak, dan dapat mengajak masyarakat untuk hadir pada tanggal 8 di kecamatan siak,  sebab jika tidak melakukan imunisasi, dikhawatirkan anak akan mudah terserang penyakit polio yang dapat melumpuhkan saraf. Selain itu dengan diberi imunisasi dapat memberi kekebalan tubuh bagi si anak,”ujarnya

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Kadiskes Siak, Toni Chandra, dan Diskes provinsi Riau diwakili oleh Dr. Yohanes, sekretaris diskes Riau.  Pelaksanaan PIN Polio 2016 ini, tidak dipungut biaya alias gratis. Semua biaya ditanggung oleh pemerintah. Sehingga diharapkan semua warga yang memiliki balita untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

Baca: Wali Band Pukau Penonton di Narasinga Rengat

” Nantinya PIN akan diadakan pada tanggal 8 sampai 15 maret, dan ini akan dilaksanakan di Posyandu, puskesmas, tempat keramaian seperti pasar atau sejumlah area lainnya,”sebut Toni, Kadiskes Siak.

Dirinya juga menjelaskan, untuk balita yang telah melakukan imunisasi polio lengkap, tetap wajib mengikuti PIN polio 2016 ini, karena ini termasuk imunisasi tambahan atau bonus.

““Supaya semua balita mempunyai kekebalan yang sama dulu untuk dunia bebas polio,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Diskes Provinsi Riau, Dr Yohanes mengatakan, apabila setelah melakukan imunisasi pada 8 Maret mendatang terjadi sesuatu pada anak, seperti alegi atau efek samping lainnya, orang tua dihimbau segera bawa anak ke puskesmas.

” Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, jika  nantinya terjadi efek samping atau demam pada anak, itu hal biasa. Jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi maka akan ditanggung oleh BPJS,”sebutnya.

Diskes kabupaten siak akan terus melakukan sosialisasi  ke-14 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Salah satunya dengan mengundang kepala pukesmas dan camat untuk rapat teknis.

“Menjelang tanggal 8 kita akan terus beri sosialisasi ke 14 kecamatan yang ada di Siak, dan setelah itu dilanjutkan oleh kecamatan bersama UPTD, UPK, dan kepala kampung untuk melibatkan kader dalam kegiatan ini,”pungkasnya

Penulis : Ely