Jadi Tuan Rumah Takraw Internasional, Venue Riau Sudah Layak

Kamis, 29 Januari 2015 16:18
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketua KONI Riau Emrizal Pakis mendukung adanya event-event olahraga yang nantinya diadakan di Provinsi Riau baik nasional maupun internasional. Termasuk kejuaran takraw internasional yang direncanakan diadakan di Riau.
 
“Takraw tingkat internasional itu kan diikuti 24 negara dan Riau sendiri ingin menjadi tuan rumah. Untuk pembiayaan pasti ada dari organisasi takraw internasional, tapi dukungan dana dari pemerintah juga harus ada. Tinggal pembiayaan berapa dan sumbernya dari mana,” jelas Emrizal.
 
Selain itu lanjutnya, yang menjadi persoalaan saat ini adalah APBD Riau sudah diketok palu dan jika diajukan kembali pembiayaannya pasti akan sulit.
 
“Ketua Komisi E nantinya juga akan membahas ini lebih lanjut. Lokasi takraw ini rencananya akan dilakukan di gelanggang remaja bersamaan dengan venue takraw yang kita miliki,” jelasnya.
 
Emrizal juga mengatakan bahwa venue yang ada di Riau sendiri juga sudah berskala internasional. Selain itu, peran KONI Riau hanya bersifat kejuaraan di tingkat daerah seperti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) baru masuk dalam tugas dari KONI.
 
“Kalau soal event internasional dan nasional, dari segi venue sudah bertaraf internasional dan peralatan kita sudah ada. Tapi masalahnya, pendanaan untuk event internasional dan nasional harus ada dukungan pemerintah melalui SKPD. KONI tidak mengurus itu, KONI hanyalah membina atlit,” pungkasnya. (iqbal)